Zaenal-Asep Ingin Wujudkan Sumedang Bersih dari Sampah

20 March 2018 13:42 WIB
 
Calon wakil bupati Sumedang, Asep Kurnia (bertopi) saat berkunjung ke tempat pembuangan akhir (TPA) Sampah di kawasan Cimalaka, Minggu (18/3/2018)
Calon wakil bupati Sumedang, Asep Kurnia (bertopi) saat berkunjung ke tempat pembuangan akhir (TPA) Sampah di kawasan Cimalaka, Minggu (18/3/2018)

SUMEDANG – Calon wakil bupati Sumedang, Asep Kurnia berkeinginan mewujudkan kabupaten Sumedang bebas dari sampah, jika kelak dirinya bersama calon Bupati Sumedang H Zaenal Alimin diamanhi sebagai bupati dan wakil bupati Sumedang.

Keinginan Asep makin membara ketika dirinya mengunjungi langsung tempat pembuangan akhir (TPA) Sampah di kawasan Cimalaka. ”Ke depan pengelolaan sampah harus dilakukan secara sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan. Mulai dari pengurangan hingga penanganan sampah,” kata Asep Kurnia saat dikonfirmasi SUMEDANGONLINE, Selasa (20/3/2018).

Mantan ketua KPU Kabupaten Sumedang itu, lebih lanjut menyebutkan harus adanya pengurangan sampah terutama sampah-sampah yang ditimbun. Dia mengharapkan, sampah-sampah tersebut nantinya dapat didaur ulang. Sehingga bisa dimanfaatkan kembali.

Perlu diketahui, Sumedang pernah meraih kabupaten yang bersih dan indah dan dianugerahi Piala Adipura pada tahun 1984. Dan pada tahun 1997 Kabupaten Sumedang dibawah kepemimpinan bupati H.M. Husein Jachjasaputra bisa meraih kembali Piala Adipura untuk yang kedua kalinya.

Sumedang pada tahun 2014-2015 berada di urutan ke-10 dari 14 kabupaten dan kota di Jawa Barat dalam penilaian Adipura tahap pertama kategori kota kecil. Perolehan angkanya pun dinilai rendah hanya 69,01. Angka tersebut masih di bawah 71, yakni angka standar untuk mendapatkan sertfikat Adipura.

”Meski Adipura bukan tujuan utama, tapi kita menginginkan masyarakat Sumedang dapat hidup bersih. Karena kan sebagian besar warga Sumedang itu, ummat muslim dan kita tahu kebersihan itu sebagian dari iman,” tandas Asep Kurnia. ***

BACA JUGA  Kemarau, Penjabat Bupati Sumedang: Waspada Kebakaran

1 KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.