Yayat, Soal Pilkada Media Tak Harus Netral

29 December 2012 12:13 WIB
 
0
382

Bandung – Media massa tak harus bersikap netral karena media masa harus memiliki keberpihakan, jika media masa netral ia tak akan ada apa-apanya. Ujar Ketua KPU Jawa Barat, Yayat Hidayat dalam Workshop Sosialiasasi Pilgub Jabar Bagi Jurnalis dalam tema “Netralitas media dalam Pilgub Jabar” di Mahabarata room, Grand Hotel Preanger, Sabtu (29/12).

Sikap keberpihakan tersebut sebut Yayat, karena media harus berpihak pada kepentingan masyarakat. Selain itu ia pun menilai peran media dalam menggeser dan menggiring opini publik sangat luar biasa.

“Media mempunyai kekuatan yang sangat besar untuk dapat menggeser pilkada, partai politik atau KPU itu tak bisa. Media massa dalam sosialisasi dapat membangun sikap dalam pemilihan gubernur, selain dari sekolah, keluarga. Apalagi keluarga sangat kecil pengaruhnya hanya 33 persen,” kata Yayat.

Kecilnya pengaruh dalam lingkungan keluarga terjadi karena masyarakat masih tabu dalam membicarakan pilkada. “KPU tak bisa membentuk karakter, KPU hanya memberikan mekanisme, yang dapat membentuk itu media,” tambahnya.(FIT)