Wow 20 Ribu peserta meriahkan Kirab Kebangsaan di Bekasi

10 September 2017 22:12 WIB
 
0

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Wow 20 Ribu peserta meriahkan Kirab Kebangsaan di Bekasi

BEKASI: Sedikitnya 20 ribu peserta dari 78 komunitas tumpah ruah menampilkan keragaman Indonesia dalam acara meramaikan acara kirab Kebangsaan dan Jalan Sehat, Parade Seni-Budaya, UKM dan Kuliner Khas berbagai daerah.
Kegiatan dalam rangka kembali menggaungkan nilai-nilai Pancasila dan keberagaman Indoensia, serta sekaligus memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) digelar oleh Taruna Merah Putih (TMP). Acara yang mengambil tema “Mem-Pancasila-Kan Indonesia, Pemuda Patriot Pelopor Kebangsaan” dipusatkan di Alun alun Kota Bekasi didukung hampir semua ormas pemuda, mahasiswa dan kemasyarakatan, kelompok kreatif anak muda, tokoh lintas agama, komunitas seni, dan budaya serta masyarakat umum yang ada di Kota Bekasi, Ahad (10/9/2017).
Mantan Wali Kota Bekasi yang juga politikus senior PDI Perjuangan  Mochtar Muhammad, mengungkapkan alasan dirinya hadir pada acara ini karena Pancasila. Baginya, menjaga dan merawat Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernerga adalah keniscayaan.
“Saya datang karena berideologi Panacasila. Apa yang dilakukan TMP adalah upaya untuk merawat dan menjaga Pancasila,” katanya, di hadapan 20.000 peserta.
Berbicara tentang persatuan, seluruh agama mengajarkan umatnya untuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Maka dari itu, meskipun masyarakat Indonesia beragam persatuan dan kesatuan harus tetap terjaga.
”Nilai Inti dari Pancasila adalah Persatuan. Oleh karena itu meskipun kita berbeda agama tetap bersatu, meskipun kita berbeda pilihan politik kita tetap bersatu,” katanya.
Pada kesempatan ini, Mochtar juga menyanjung sosok Ketua Umum TMP Maruarar Sirait. Baginya, Pria yang karib disapa Ara ini merupakan tokoh muda nasional yang sangat konsisten dalam menjaga dan merawat Pancasila.
Baginya, Ara tidak hanya sekedar rotorika dalam memperjuangkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Telah banyak aksi-aksi nyata untuk merajut keberagaman dalam bingkai persatuan dan kesatuan.
“Saya sudah bersahabat dengan Bang Ara lebih dari 20 tahun. Tak ada keraguan dari diri saya bahwa Ia adalah Pancasila sejati,” katanya.
Ketua DPC TMP Kota Bekasi Enie Widhiastuti mengatakan digelarnya kegiatan ini bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat beragam baik suku, agama, ras dan golongan.
“Kirab kebangsaan dan Jalan Sehat ini adalah cara kami mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa keberagaman Indonesia adalah keniscayaan yang harus dihargai dan terus diperjuangkan di Indonesia,” katanya.
Lebih lanjut Ia mengatakan dirinya sangat berterimakasih kapada semua pihak yang telah membantu kelancaran dan kesuksesan acara ini. Dan ia sangat mengapreasiasi dengan hadirnya puluhan ribu anak muda Bekasi. Dengan  hadirnya mereka dirinya sangat optimis Pancasila di Kota Bekasi akan tetap terjaga.
“Pemuda merupakan ujung tombak perjuangan. Dengan hadirinya mereka disini saya yakin Mem-Pancasila-Kan di Kota Bekasi akan terwujud sehingga persatuan dan kesatuan bangsa akan terwujud dengan saling menghargai keberagaman yang ada,” ujarnya.
Sementara itu, Sekjen DPP TMP Restu Hapsari mengatakan Kirab Kebangsaan ini merupakan pendekatan langsung yang dilakukan TMP bersama masyarakat menggaungkan dan membumikan nilai-nilai Pancasila serta menghargai keberagaman Indonesia.
“Acara ini digelar untuk mempertemukan berbagai kelompok dan komunitas. Penampilan seni tari, musik dan budaya ini akan menjadi ajang pertemuan langsung semua elemen masyarakat untuk tetap menjaga persatuan bangsa,” jelasnya.
Restu menambahkan bahwa kegiatan Kirab Kebangsaan sudah dilakukan oleh TMP di banyak daerah, seperti di Bogor, Karawang, Subang, Majalengka, Cimahi, Pematangsiantar, Tapanuli Utara, dan berbagai daerah lainnya di Indonesia.
“Setelah di Bekasi TMP akan menggelar kegaiatan serupa di Samosir, Kota Sorong, dan terakhir di kabupaten Magelang,” tandasnya. *** rls