Wabup Buka Muscab Luar Biasa Pramuka

10 March 2016 21:30 WIB
 
0
Muscab Luar Biasa Pramuka (3)
Muscab Luar Biasa Pramuka (3)

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Wakil Bupati H Eka Setiawan, Kamis (10/3), membuka Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscablub) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Sumedang Tahun 2016 di Gedung Sekretariat Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang Komplek Lapang Cigugur.

Muscab diikuti oleh jajaran Kwarcab Sumedang, para Ketua Kwartir Ranting (Kwaran) se-Kabupaten Sumedang, Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran), dan perwakilan pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat.

Menurut Ketua Harian Kwarcab Sumedang H Dedi Hermawan Charis, agenda tunggal dalam Muscablub adalah memilih Ketua Kwarcab Pergantian Antar Waktu (PAW) masa bakti 2013 – 2018. “Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam AD dan ART Gerakan Pramuka serta usulan Kwarcab dan Kwaran se-Kabupaten Sumedang, disepakati melakukan Muscablub dalam rangka PAW Ketua Kwarcab periode 2013 – 2018 yang dituangkan dalam Berita Acara,” ujarnya.

Dikatakan, Muscab dilaksanakan untuk kesinambungan pelaksanaan pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka Sumedang baik untuk proses jalannya roda organisasi maupun untuk proses kegiatan kepramukaan di Kabupaten Sumedang. “Muscab digelar atas pertimbangan Rapat Pleno Kwartir Cabang dan surat pengunduran diri H Ade Irawan selaku Ketua Kwarcab,” tuturnya.

Ia menambahkan, sejak dikukuhkan pada 19 September 2013, kepengurusan Kwarcab secara umum berjalan dengan baik dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka melalui program kegiatannya. “Kepengurusan aktif dalam kegiatan kepramukaan di tingkat daerah Jawa Barat, nasional, bahkan internasional. Diantaranya dengan mengikutsertakan kegiatan Jambore Dunia di Jepang dan Jambore Asia pasifik di Singapura,” ucapnya.

Sementara itu, Andalan Daerah Urusan Organisasi dan Hukum Kwarda Jawa Barat Sahrul dalam arahannya menyampaikan apresiasi atas ketulusan Bupati non aktif H Ade Irawan yang telah menyampaikan surat pengunduran dirinya kepada Kwarda Jawa Barat dengan pertimbangan agar kegiatan organisasi tetap berjalan. “Kami menghargai kelegowoan beliau atas kepentingan yang lebih luas bagi organisasi,” katanya.

Karena kepengurusan yang sebelumnya adalah hasil pemilihan dan bukan hasil penunjukan maka pengurus PAW pun harus ditetapkan pula melalui pemilihan dengan mekanisme musyawarah. “Dengan musayawarah ini, kita memilih nakhoda yang baru bagi Kwarcab Sumedang,” tuturnya.

Wakil Bupati H Eka Setiawan dalam sambutannya mengharapkan peserta Muscab memilih Ketua yang bisa membawa kemajuan bagi organisasi dan kepramukaan Kabupaten Sumedang. “Saya akan minta kepada pimpinan baru yang terpilih agar lebih agresif dalam mendorong dan mengembangkan Gerakan Pramuka,” ucapnya.

Wabup menaruh harapan besar kepada Gerakan Pramuka Kwarcab Sumedang dalam turut membina generasi muda melalui program kegiatannya. “Sesuai tugas pokoknya yaitu melaksanakan pembinaan dan pengembangan generasi muda melalui kegiatan kepramukaan, Kwarcab Sumedang ke depan diharapkan semakin berkembang lebih luas,” tuturnya.

Ia sendiri mengaku belum banyak berinteraksi dengan kepengurusan Gerakan Pramuka Sumedang sejak dilantik menjadi Wakil Bupati. Namun, menurutnya saat ini adalah momentum yang baik untuk mengawalinya. “Mari kita susun program-program yang lebih ‘tajam’. Pengurusnya juga jadi lebih sering berkonsultasi dengan kami,” ucap Wabup.