Uu: Perbanyak Wirausahawan Muda

24 May 2016 15:37 WIB
 
0

SUMEDANGONLINE – JATINANGOR: Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, berharap paradigma dan mindset mahasiswa dapat dirubah. Dari mencari pekerjaan menjadi pembuat peluang pekerjaan baru. Hal itu dikatakan Uu, usai menjadi pembicara dalam workshop kewirausahaan pemuda 2016, yang digelar FTIP Unpad.
“Saya menyampaikan untuk dapat merubah mindset para mahasiswa, pascasarjana agar tidak berfikir, seluruhnya untuk mencari pekerjaan. Tetapi, berpikir untuk mencari peluang untuk menjadi wirausaha muda,” kata Uu Ruzhanul Ulum, usai acara berlansung.
Lebih lanjut, Uu berharap ada output positif dari adanya kegiatan seminar itu. Ia mencontohkan di Kabupaten Tasikmalaya, saat ini tengah berjalan program tema gerbang desa. Program tersebut disinyalir mampu merubah paradigma anak muda sehingga dapat dengan cepat memberdayakan potensi dan peluang yang ada di desa.
“Intinya adalah membuat sarana dan prasarana dari desa, supaya anak muda bisa betah di desa. Sehingga mereka keluar kuliah tidak lagi berorientasi untuk mencari pekerjaan keluar kota, tetapi dapat menciptakan pekerjaan di dalan desa itu sendiri. Dengan menciptakan kewirausahaan,” imbuhnya.
Disinggung, saat ini yang banyak menjadi kendala ironis, pada pengusaha muda, berkait dengan kendala modal yang minim. Menyikapi paradigma sulitnya mencari modal itu, menurut Uu, dalam diri seorang wirausahaan harus memiliki K3, kahayang, kadaek, dan kawani.
“Untuk modal sendiri memang harus ada K3 yakni kahayang, kadaék, dan kawani. Nanti peluang permodalan akan datang, kalau sudah ada K3 dalam pribadi. Kemudian, kalau yang namanya bisnis itu kan ada yang namanya hoki, pikiran kita berusaha untuk berfikir maju untuk kemajuan usaha. Kalau bekerja di perusahaan orang lain, kalau pun nanti sukses berarti orang lain yang justru suksesnya. Justru yang sukses itu bukan perusahaan kita,” ungkapnya.
Uu menyarankan agar para pemuda saat ini untuk mencari peluang bisnis. “Daripada kita mencari cari pekerjaan ke kantor-kantor, apalagi untuk menjadi PNS dengan adanya moratorium itu, justru tidak akan ada lagi CPNS,” jelasnya.***