Unpad Raih Juara Anugerah Humas PTN dan Kopertis 2017 Kategori Publisitas

21 January 2018 01:31 WIB
 
Penyerahan Piagam kepada Rektor Unpad
Penyerahan Piagam kepada Rektor Unpad

Universitas Padjadjaran memenangkan dua penghargaan di ajang Anugerah Humas PTN dan Kopertis 2017 yang diselenggarakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Dua penghargaan tersebut, yaitu terbaik pertama untuk kategori publisitas dan terbaik ketiga untuk kategori website.

Pengumuman penghargaan tersebut digelar dalam acara jamuan makan malam Rapat Kerja Nasional Kemenristekdikti 2018 di Gedung Pancasila Universitas Sumatera Utara, Medan, Selasa (16/01) malam. Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad beserta Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Ade Kadarisman, M.Si., M.T., hadir dalam acara tersebut.

“Alhamdulillah, ke depan harus ditingkatkan lagi berbagai upaya sehingga bisa berprestasi lebih baik,” ujar Rektor usai menerima penghargaan.

Anugerah Humas PTN dan Kopertis 2017 merupakan gelaran perdana yang diselenggarakan Kemenristekdikti. Proses penjurian yang sudah dilakukan sejak pertengahan tahun 2017 ini bertujuan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja Humas PTN dan Kopertis sebagai garda terdepan pengelolaan dan publikasi informasi Kemenristekdikti.

Ada lima kelompok perguruan tinggi yang dinilai, yaitu PTN Badan Hukum, PTN Badan Layanan Umum dan Satker, PTN baru, Politeknik, serta Kopertis. Unpad berada pada kelompok PTN Badan Hukum. Setiap kelompok memiliki tiga kategori penilaian, yakni kategori publisitas, website, serta media sosial.

Kategori publisitas menilai berbagai media karya Humas berupa cetak, audio visual, kliping, siaran pers beserta kliping pemuatannya, konferensi pers, serta pers tur. Untuk kategori website menilai media yang dikelola Humas dalam bentuk situs layanan informasi. Sementara kategori media sosial menilai segala aspek terkait media engagement dan pengelolaan akun media sosial oleh Humas.

Dewan juri yang ditunjuk dalam penilaian ini merupakan para profesional di bidang komunikasi dan kehumasan dari berbagai latar belakang, antara lain akademisi, tenaga ahli, maupun praktisi. Dewan juri ini bekerja secara independen dalam menilai kinerja humas PTN dan Kopertis.

BACA JUGA  Sejumlah pakar bicara keamanan pangan di IPB

Pemberian penghargaan kategori publisitas diberikan langsung Menristekdikti Prof. Mohamad Nasir kepada Rektor Unpad. Sementara pemberian pengharaan kategori website diberikan langsung Direktur Jenderal Kelembagaan dan Iptek Kemenristekdikti Dr. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc., kepada Ade Kadarisman.

Diraihnya penghargaan ini merupakan hasil kerja sama seluruh unsur universitas. Ade mengungkapkan, capaian prestasi ini tidak lepas dari dukungan Rektor, pimpinan universitas dan fakultas, seluruh direktorat, tim Kantor Komunikasi Publik, serta dukungan fakultas, mahasiswa, alumni, media, dan pemangku kepentingan lainnya.

“Unpad saat ini sedang berupaya mengembangkan transformasi digital dengan pengarusutamaan riset dalam platform kehumasannya. Ini merupakan tantangan yang harus dijawab kedepan seiring dengan arah dan kebijakan universitas,” ujar Ade terkait kinerja Humas ke depannya. ***

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.