Traveloka Tingkatkan Fasilitas Terminal Bus Guna Memberikan Kenyamanan Lebih pada Pemudik

12 June 2018 04:19 WIB
 
Kunjungan Menteri Perhubungan, Budi Karya ke Terminal Ajosari, Malang
Kunjungan Menteri Perhubungan, Budi Karya ke Terminal Ajosari, Malang

SUMEDANGONLINE, Jakarta: Traveloka, perusahaan teknologi penyedia jasa travel dan lifestyle booking terdepan untuk destinasi lokal dan internasional dalam satu platform, bermitra dengan Kementerian Perhubungan meningkatkan fasilitas ruang tunggu dalam rangka menyambut momen mudik 2018 dan meningkatkan kenyamanan pemudik bus.

Memasuki minggu ke-tiga bulan Ramadan serta bertepatan dengan jatuhnya hari cuti bersama pada Senin (11/6/2018), dapat diprediksi akan terdapat peningkatan dan kepadatan di beberapa area, salah satunya adalah terminal bus. Melihat situasi ini, kepadatan pemudik dan volume bus di terminal akan beresiko untuk menciptakan kemacetan atau bahkan terlambatnya jadwal keberangkatan. Hal ini tentu akan menjadi penghambat sekaligus menurunkan kenyamanan para pemudik bus.

Caesar Indra, Senior Vice President of Business Development Traveloka mengungkapkan, “Memahami situasi tersebut, kami bermitra dengan Kementerian Perhubungan dalam upaya  meningkatkan kenyamanan dan persepsi masyarakat, khususnya pemudik, dalam menggunakan bus sebagai salah satu moda transportasi pilihan untuk mudik. Melalui kegiatan ini kami juga ingin mengedukasi masyarakat untuk memesan tiket bus secara online. Hal ini kami lakukan guna melengkapi upaya kami dalam mendukung digitilisasi industri bus sejalan dengan misi pemerintah dalam hal akselerasi pertumbuhan transportasi di era digital.”

Menyambut baik dan mendukung kerja sama ini, Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia mengungkapkan, “Kami menyambut baik inisiatif Traveloka untuk menyosialisasikan kegiatan ini. Kami berharap melalui adanya dukungan dari Traveloka untuk penambahan fasilitas-fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga mudik dengan menggunakan bus akan terasa lebih nyaman. Ke depannya kami berharap kegiatan ini dapat diperluas ke terminal lainnya.”

Fasilitas ini tersedia di tiga kota, seperti Terminal Giwangan, Yogyakarta; Terminal Arjosari, Malang; dan Terminal Harjamukti, Cirebon. Pemudik dapat mengunjungi ruang tunggu dan menikmati berbagai fasilitas seperti televisi dengan saluran berlangganan (televisi kabel), koneksi Wi-Fi untuk hiburan, charging corner, tambahan kursi yang nyaman, serta takjil untuk berbuka puasa.

BACA JUGA  BI dan Unpad jalin kerjasama terkait pendidikan dan penelitian khusus

Fasilitas ini sudah tersedia di tiga terminal dari tiga kota tersebut sejak Senin, 11 Juni 2018 hingga tiga bulan ke depan. Edukasi masyarakat mengenai pemesanan tiket bus secara online merupakan upaya bersama dari Traveloka dan Kementerian Perhubungan yang diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam memesan tiket bus secara online, sekaligus menghilangkan praktik calo.

“Melalui adanya kegiatan ini, kami berkomitmen untuk dapat meningkatkan persepsi masyarakat akan kenyamanan di terminal sekaligus meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan bus sebagai pilihan moda transportasi perjalanan yang aman dan nyaman”, tutup Caesar.

Sejak diluncurkan akhir Maret 2018 lalu, layanan pemesanan bus menjadi alternatif transportasi bagi pengguna Traveloka. Traveloka telah bermitra dengan lebih dari 40 perusahaan otobus yang melayani puluhan kota besar di Indonesia. Setiap harinya jumlah pemesan terus meningkat dan khusus untuk periode Lebaran, terjadi peningkatan 600% dibandingkan hari biasa. Hal ini menunjukkan bahwa dengan kemudahan pemesanan secara online, moda transportasi bus ternyata masih diminati oleh masyarakat Indonesia untuk berpergian mudik. ***

1 KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.