THR Gunung Kunci, Kudu Diurus

26 December 2012 09:13 WIB
 

KOTA – Adanya pembangunan tol Cisumdawu dan Bandara Kertajati, harus disikapi serius Pemerintah Kabupaten Sumedang. Agar tak sampai menjadi kota mati, menurut Wakil Bupati (Wabup) Sumedang, H Taufiq Gunawansyah. Sumedang harus memiliki daya tarik, apalagi menurutnya di Sumedang memiliki potensi yang dapat dikembangkan.

“Sumedang harus memiliki daya tarik. Agar Sumedang menjadi tempat kunjungan wisata bukan hanya sekedar pangliwatan. Diantara potensi yang ada di Kabupaten Sumedang itu, kita memiliki Taman Hutan Raya (THR) Gunung Kunci. Statusnya pengelolaannya sekarang di bawah Pemerintah Daerah, hingga banyak peluang bagi kita untuk memeliharanya, sekaligus juga memelihara Gunung Palasari,” ujar Taufiq Gunawansyah dalam sambutan Bhakti Sosial yang diselenggarakn DPD Garda Pemuda Nasional Demokrat (Nasdem) Sumedang, di THR Gunung Kunci, Senin (24/12).

Wabup bersama Pemuda Garda Nasdem
Wabup bersama Pemuda Garda Nasdem

Pengelolaan dan pemanfaatan Gunung Kunci diharapkan Wabup Sumedang, satu paket dengan pengelolaan dan pemanfaatan Gunung Palasari. “Ini akan mengukuhkan Sumedang sebagai daerah wisata berbasis kultur budaya berbasis sejarah. Gunung kunci memiliki sejarah luar biasa. Hanya sekarang wisata sejarah belum dapat dijual untuk asset wisata. Ini tugas kita untuk menjual nilai itu menjadi sesuatu yang bernilai wisata dan ekonomis,” ungkapnya.

Untuk memberikan nilai ekonomis berdaya saing tersebut, sebut Wabup, membutuhkan pemikiran dan kreativitas agar memberikan warna jika Gunung Kunci dan Palasari sebagai objek tujuan wisata. “Diharapkan dari kegiatan ini ada konsep yang jelas, yang dapat diterapkan dalam kebijakan Pemda ke depan,”imbunya.

Di tempat yang sama Wakil Pemangku Adat Keprabuan Sumedang Larang, Wawan Dharmawan Ider Alam, mengaku apa yang dilakukan para pemuda garda Nasdem tersebut sebagai sesuatu hal yang positif. (ign)

BACA JUGA  3 Tahun Derita Tumor, Ika Perlu Bantuan

2 COMMENTS

  1. Mohon do’a restu dan dukungannya dari semua pihak agar kegiatan ini dapat berjalan terus secara rutin sehingga asset wisata dan asset sejarah di THR Gunung Kunci dapat tetap lestari dan mempunyai nilai lebih bagi kemajuan Kabupaten Sumedang.. Amiin…

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.