Ternyata UU Pilkada Tak Bisa Jerat Petahana, Jika …

8 February 2018 13:10 WIB
 
Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran, Ade Sunarya
Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran, Ade Sunarya

SUMEDANG – Undang-Undang Republik Indonesia No 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan kedua atas Undang-Undang No 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang No 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota emnjadi Undang-undang terutama pasal 71. Menurut pandangan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sumedang belum bisa diimplementasikan sebelum penetapan calon.

”UU Pilkada tidak bisa diimplementasikan, karena belum ditetapkan menjadi calon,” kata Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran pada Panwaslu Kabupaten Sumedang, Ade Sunarya saat dikonfirmasi Sumedang Online berkenaan dengan dugaan adanya pelanggaran petahana dalam sebuah acara peresmian Puskesmas yang secara terang terangan mengajak untuk mendukung dan menyoblosnya pada 27 Juni mendatang.

Disinggung mengenai kegiatan dan program yang dilaksanakan bupati Petahana tersebut kurang dari 6 bulan (6/2/2018). Dan menurut ayat 3 dalam pasal 71 UU tersebut menyebutkan, gubernur atau wakil gubernur, bupati atau wakil bupati, dan walikota atau wakil walikota dilarang menggunakan kewenangan, program dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon baik di daerah sendiri maupun di daerah lain dalam waktu 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan penetapan pasangan calon terpilih.

”Apakah program tersebut direncanakan 6 bulan terakhir? Ataukah sebelum 6 bulan. Sama hal nya dengan program, kegiatan pun bisa jadi direncanakan lebih dari 6 bulan terakhir. Pelaksanaannya direalisasikan masuk dalam 6 bulan terakhir,” tambahnya.

Meski demikian, Ade menyebutkan akan tetap melakukan identifikasi, termasuk adanya pemanggilan terhadap para pihak yang diduga terlibat untuk dimintai klarifikasi. ”Kami akan telusuri peristiwa, pelaku, termasuk regulasinya,” sambungnya. ***

BACA JUGA  Ini Harapan Kepala SMKN 1 Sumedang ke Bupati Terpilih Nanti

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.