Tanaman bunga bangkai ini, tumbuh di Marongge

1

SUMEDANG – Bunga bangkai (Amorphophallus SP) muncul di belakang salahsatu rumah warga di Kampung Margahurip, Desa Marongge, Kecamatan Tomo. Postingan mengenai kemunculan bunga tersebut diunggah pemilik akun Mamah Elly.

”Baru muncul sore kemarin (29/10/2017),” ujar Mamah Elly saat dikonfirmasi.

Bunga bangkai (Amorphophallus SP) yang tumbuh di belakang salahsatu rumah warga di Kampung Margahurip, Desa Marongge, Kecamatan Tomo.

Belum diketahui berapa tinggi bunga tersebut namun dari postingan tersebut diperkiraan tingginya diatas 45 centimter dengan diameter mencapai 50 centermer. Bunga masih dalam kuncup sebesar kepala bayi, sedangkan di dalamnya terdapat batang yang dipenuhi butiran warna putih.

Tanaman khas dari Pulau Jawa ini memang terkenal unik dan eksotik meski menyebarkan bau tak sedap, sehingga baunya seperti bangkai.

Bunga ini akan tumbuh pada dataran rendah (cuaca panas) salahsatunya di wilayah Kampung Margahurip, Desa Marongge, Kecamatan Tomo yang merupakan dataran rendah.

Sebenarnya bunga ini bisa ditanam pada media tanam menggunakan tanah biasa atau tanah humus (2 : 1) dengan menggunakan pot besar ukuran 60 centimeter. Namun harus terhindar dari cahaya matahari langsung, sehingga perlu ada penaungan. **

1 COMMENT