Sudah mulai rame ya? Tahapan Pilkada Sumedang dimulai Juli 2017

29 November 2016 01:14 WIB
 
2
Ketua KPU, Asep Kurnia
istimewa
Ketua KPU, Asep Kurnia

SUMEDANGONLINE: Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tinggal menghitung hari, pertengahan 2017 menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang, Asep Kurnia, SH. MH., sudah memasuki masa tahapan Pilkada.
”Bulan Juli 2017 itu sudah masuk dalam tahapan pemilu, diawali dengan pemutahiran data pemilih, pembentukan PPK dan PPS secara serentak di kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada,” kata Asep Kurnia.
Terkait ramainya bursa calon, terutama di media social. Menurut pria yang kerap disapa Akur itu, hal itu merupakan sesuatu yang wajar menjelang Pilkada. ”Sah-sah saja kalau ada usungan masyarakat kepada seseorang, tapi hal tersebut memang belum memenuhi aturan perundang-undangan yang berlaku khususnya untuk pilkada mendatang,” terang dia.
Ada beberapa aturan dan persyaratan hukum yang mesti di tempuh oleh semua pihak, baik yang ikut dalam kandidat maupun penyelenggara pilkada. ”Andaikan yang bersangkutan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI/Polri ataupun sebagai dewan legislatif. Berkehendak mengikuti ajang pilkada nanti, mereka harus mengundurkan diri terlebih dahulu dari jabatan yang diemban saat ini, minimal satu bulan sebelum tahapan pilkada dimulai,” tuturnya.
Nama yang beredar saat ini, memang baru sebatas wacana versi masyarakat. Karena partai politik maupun perseorangan belum ada satu pun yang melakukan pendaftaran ke KPU dan tahapan Pilkada pun baru akan dimulai pada Juli 2017, mendatang.***

2 COMMENTS