Sosialisasi penghapusan desa, DPRD Sumedang kunjungi OTD

9 November 2015 22:13 WIB
 
0

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Sumedang melakukan kunjungan kerja ke Desa Padajaya, Kecamatan Wado. Kegiatan tersebut semula untuk melakukan sosialiasi penghapusan dan penggabungan desa di wilayah terdampak Jatigede, siang tadi.
“Sebenarnya kita memang sosialisasi penghapusan dan penggabungan desa. Tapi, tadi sekalian memastikan sisa lahan yang tidak tergenang, sekaligus relokasi di tanah kas Desa Pawenang,” ujar Anggota DPRD Sumedang, Dadang Romanysah saat dikonfirmasi.
Lebih lanjut sebut dia, setelah membahas terkait penghapusan dan atau penggabungan desa hal lain yang harus dipikirkan oleh pemerintah berkait status kependudukan masyarakat yang menempati lahan sisa, saat ini masih ada sekitar 60 hektar di Desa Padajaya.
“Apakah mereka, akan digabung dengan (Desa) Pawenang atau Sirnasari, peran pemerintah untuk mengatur hal itu,” ungkapnya.
Sementara, jika akan ada keinginan warga untuk kembali membangun desa yang sama. Maka sebut dia harus sesuai dengan peraturan yang ada, termasuk jumlah penduduk harus terpenuhi. Untuk Desa Padajaya sendiri, saat ini yang sudah siap 300 kepala keluarga dari yang direncanakan sebanyak 500 kepala keluarga.
“Sekarang masyarakat Padajaya, sebagian besdar arahnya akan menempati lahan kas Desa Pawenang. Dan sekarang dalam tahap pematangan lahan, bahkan sebagian sudah mulai ada yang membangun,” imbuhnya. ***