Soal Lapangan Pekerjaan, Pasangan Hasanah Luncurkan Program ‘Digawe’

18 February 2018 19:26 WIB
 

CALON Gubernur Jawa Barat TB. Hasanuddin atau Kang Hasan berkomitmen untuk mengurangi pengangguran yang angkanya terus meningkat di Jawa Barat.

Calon Gubernur yang berpasangan dengan Anton Charliyan (Kang Anton) dengan singkatan Hasanah ini akan menggulirkan Program ‘Digawe’.

Program ‘Digawe’ salah satunya mengajak masyarakat yang ada dipedesaan untuk memanfaatkan sumberdaya alam yang ada disekitarnya untuk meningkatkan perekonomian rakyat. Salah satunya, memanfaatkan sumber air yang melimpah.

Kang Hasan menyampaikan, alam sudah menyediakan kekayaan sumber daya yang bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan menyediakan lapangan pekerjaan baru jika diolah dengan baik.

“Beberapa Daerah Jawa Barat mempunyai ketersediaan air yang cukup banyak, sangat potensial, ini harus dimanfaatkan dengan baik, misalnya budidaya ikan, bertani, sehingga masyarakat desa punya pekerjaan tanpa harus ke kota,” ungkapnya saat berkunjung ke tempat budidaya ikan di kampung Ciherang, Desa Gunung, Desa Gunung Tua, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Minggu (18/2/2018).

Kang Hasan menambahkan, kemandirian ekonomi masyarakat desa harus didorong dan diciptakan oleh pemerintah dengan memberikan bantuan permodalan. Dengan demikian warga di pedesaan bisa menciptakan peluang pekerjaan tanpa harus menunggu pabrik berdiri atau investor datang.

Kang Hasan menambahkan dirinya siap menambah dana desa untuk pengembangan ekonomi kerakyatan di pedesaan jika dirinya terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat.

“Permasalahan umumnya adalah terkait modal awal, harus kita bantu modal awalnya, misalkan melalui Bank Jabar atau juga melalui koperasi, kalau perlu dana desa ditingkatkan. Kita” terangnya.

Kang Hasan yakin, dengan berkembangnya perekonomian desa, akan mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

_Digawe_ kata Kang Hasan adalah satu program unggulan yang digulirkan pasangan Hasanah.

Sementara itu, Anab salah satu pembudidaya ikan mengaku bahagia dikunjungi langsung oleh calon pemimpin Jawa Barat yang melihat langsung proses pembudidayaan ikan yang dikelolanya, ia berharap, program yang digulirkan Kang Hasan mampu mensejahterakan rakyat Jawa Barat.

BACA JUGA  Kang TB tunggu telepon Eka untuk tangani permasalahan Jatigede

“Ya alhamdulillah ada calon Gubernur yang mau melihat langsung pembudidayaan ikan kami, semoga apa yang beliau programkan mampu membantu masyarakat seperti kami ini,” ungkapnya

Pada Kesempatan tersebut, Kang Hasan sempat berbincang langsung dengan salah satu pembudidaya ikan terkait proses pembibitan hingga paneh, Kang Hasan ditemani Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi serta jajaran DPRD Subang sebelumnya meresmikan posko pemenangan Hasanah di Kabupaten Subang.

Selain program ‘Digawe’, pasangan Hasanah juga memiliki program nyata lainnya untuk masyarakat Jabar berupa Kesehatan gratis, pendidikan gratis, dan lainnya. Diantara programnya menggunaka istilah sunda diantaranya, Imah Rempeg, Cageur, Sakola Gratis, tur Kamling.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.