SMPN 2 Darmaraja Juara II FLS2N Jabar

3 June 2013 01:32 WIB
 
0
1831
Lima srikandi SMPN 2 Darmaraja saat melakukan pementasan di ajang FLS2N tingkat Jawa Barat
Lima srikandi SMPN 2 Darmaraja saat melakukan pementasan di ajang FLS2N tingkat Jawa Barat

DARMARAJA – Lima srikandi dari SMP Negeri 2 Darmaraja berhasil menyabet juara II kategori tari tradisi pada ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Ke-lima srikandi tersebut yakni, Teni, Siti, Cintia, Amalia dan Mega. Mereka mampu bersaing dengan utusan dari 25 Kabupaten/Kodya se-Jawa Barat.

Ajang FLS2N itu sendiri digelar di Pesona Bambu, Lembang, hari Selasa (28/5) malam. Seluruh utusan dari Kabupaten/Kodya mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Termasuk SMPN 2 Darmaraja, mengeluarkan segenap kemampuan yang telah digenjot beberapa bulan lalu. Hasilnya pun sangat memuaskan, berhasil keluar menjadi juara Dua.

“Penampilan yang lainnya pun bagus, baik dari kostum dan gerakannya. Persaingannya sangat ketat, tapi dengan bekal latihan yang serius, akhirnya kami berhasil keluar menjadi juara dua, setelah bersaing ketat dengan 25 peserta lainnya,” ungkap Iis, S.Sn, kepada Sumeks, Kamis (30/5).

Iis mengemukakan, bahwa anak didiknnya ini, awalnya tidak memiliki latar belakang perihal menari di luar sekolah, seperti ikut Sanggar Tari atau lainnya. Lima Srikandi ini harus dibekali tentang tarian dari Nol. Dengan keseriusan dan kecintaannya kepada Tari Tradisional, semuanya berjalan lancar, dan seolah tanpa beban.

“Saya memulai ini dari Nol, siswa sama sekali tidak ada latarbelakang tentang seni tari. Bahkan tidak ada yang tahu ukel itu apa. Karena ada exskul tari, saya mengambil lima anak ini dari sana, melalui penyeleksian terlebih dahulu. Lalu terjainglah lima anak ini, setelah itu dibekali berbagai macam gerakan, dan latihan pendukung lainnya,” tambah Iis, lulusan STSI tahun 2010.

Ada tantangan besar di depan mata sang guru pembimbing ini, Didi Kusnadi, berharap agar tahun depan, sekolahnya dapat menjadi juara pertama di tingkat Provinsi. “Kemarin kan peringkat ke tujuh, sekarang ke dua, dan tahun depan saya ingin menjadi juara pertama,” harap Didi Kusnadi. Hal tersebut memang menjadi tantangan tersendiri bagi Iis, katanya akan berusaha semaksimal mungkin agar harapan itu dapat terwujud.

Senada Kepala SMPN 2 Darmaraja, Didi Kusnadi S.Pd. M.Pd., mengaku bangga dengan hasil yang diraih anak-anaknya. “Tentu ini menjadi prestasi yang membanggakan bagi kami, karena tahun kemarin hanya mendapat peringkat ke tujuh. Dan sekarang tertebus kepenasaran itu terbalas tuntas,” ujar Didi Kusnadi. (cr1)