SMKN Situraja Akan Lakukan Pertukaran Pelajar dengan Thailand

2 February 2018 13:42 WIB
 
1
SMKN Situraja Akan Lakukan Pertukaran Pelajar dengan Thailand
SMKN Situraja Akan Lakukan Pertukaran Pelajar dengan Thailand

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

SUMEDANG – Kepala SMK Negeri Situraja Elis Herawati berkomitmen untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di sekolahnya. Salahsatu terobosannya dengan mengirimkan guru dan pelajar untuk mengikuti berbagai pelatihan industri.

“Kemudian langkah terdekat ini, kita mengadakan MoU dengan luar negeri dengan SMK yang ada di Thailand. Saya, kemarin lima hari ke sana. Bukan untuk berlibur tapi untuk roadshow melaksanakan MoU dengan 22 sekolah SMK. Alhamdulillah akan kita tindak lanjuti, mulai actionnya pada bulan pertengan Februari sekarang. Diawali dengan siswa dan guru datang ke Indonesia,” ungkapnya.

Elis juga menyebutkan sebelumnya ada 10 sekolah dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang dikirim ke Thailand. Dengan adanya kegiatan itu dia berharap bisa go internasional. “Dimana siswa siswanya nantinya akan terserap di berbagai negara,” sambungnya.

Dikatakan dia, tindak lanjut pertama dari pendandatanganan nota kesepahaman itu yakni akan dilakukannya pertukaran pelajar di bidang kebudayaan dan bahasa, selama kurang dari sebulan. “Karena kalau lebih dari sebulan ada visa, atau sebanyak 25 hari. Kita akan menerima siswa dan guru dari Thailand, kemudian kita akan mengirimkan pada bulan September 2018. Karena kita harus menyiapkan siswa dan gurunya, kalau di Thailand itu sudah siap kelas yang untuk dikirimkan ke luar negeri, terutama untuk bahasa. Jadi begitu MoU, mereka kirimkan, sedangkan kita harus menyeleksi dulu kemudian melakukan pembimbingan pada anak dan guru. Termasuk sosialisasi dengan orangtua,” ucapnya.

Selain itu sebut Elis akan ada peningkatan skill guru guru pendidikan ke juruan ke Thailand selama Tiga bulan. Nantinya, guru guru dari SMK Negeri Situraja akan disisipkan pada sekolah sekolah di Thailand yang telah memiliki unit produksi. *** FITRIYANI

1 COMMENT