Selamat Pemprov Jabar terima Lima sertifikat Warisan Budaya Tak Benda

10 October 2017 00:10 WIB
 
0
Sertifikat diterima Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida.
Humas Pemprov For SUMEDANGONLINE
Sertifikat diterima Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida.

Pilkada Serentak 2018

JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memberikan lima sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) pada pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penyerahan sertifikat itu langsung diberikan ke Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida di Gedung Kesenian Jakarta.

Kelima sertifikat itu kaitan dengan seni Gembyung, Iket Sunda, Kolecer Jawa Barat, Leuit dan Nyangku. Dikatakan Ida, pihaknya sebenarnya mengajukan 6 namun untuk seni Toleat tidak lolos karena secara usia belum 55 tahun.

Ida pun optimistis untuk tahun mendatang pihaknya bisa mengajukan 27 WBTB, karenanya dirinya akan berkoordinasi dengan kabupaten/kota serta pemerintah provinsi Jawa Barat. Bahkan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pertemuan. ” ”Untuk itu, dalam waktu dekat  Disparbud Jabar akan mengimbau kepada kabupaten/kota se-Jawa Barat minimal bisa mengajukan 1 seni budaya yang sudah pasti dan memenuhi kriteria untuk diusulkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, agar ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda.”

”Jika melihat pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, yang hanya menaungi 4 kabupaten dan 1 kota, bisa mendapatkan 18 WBTB untuk tahun 2017 ini. Disana, untuk pengajuan WBTB dari kabupaten kota telah dianggarkan sehingga pada pelaksanaannya pun bisa lolos semuanya,” ujar Ida.

Terkait seni toleat sendiri sebutnya, akan mengajukan kembali pada tahun tahun berikutnya. ***