Selama Hujan Proyek Jatigede Dihentikan

23 December 2012 05:35 WIB
 

JATIGEDE – Meski sudah menurunkan sejumlah pawang hujan di areal proyek Jatigede, namun hujan masih tetap turun dengan derasnya. Imbasnya pengerjaan proyek yang dikerjakan, PT Shino Hidro itu, terhenti total selama hujan deras berlangsung.

llustrasi
llustrasi

Salahsatunya, pengangkutan material bahan untuk pengurugan dari Gunung Julang, pengerjaan proyek dam, dan pembangunan spillway terpakasa dihentikan sementara. “Kecuali kalau grothing itu memang masih dapat berjalan karena pengerjaannya kan ada di ruangan tertutup. Tetapi untuk proses penimbunan itu tak bisa karena kadar airnya kan harus sesuai dengan aturan teknisnya,” kata juru bicara Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Jatigede, H Sutara.

Meskipun lanjut Sutara, untuk pengerjaan spillway, jika hujan rintik-rintik masih dapat diakali dengan menggunakan terpal. Pengerjaan baru dihentikan bila hujan telah turun deras. “Kalau kehujanan kualitas beton bisa jelek, jadi para pekerja lebih memilih diam tak mengerjakan pekerjaannya. Jadi kalau hujan turunnya besar, semua proyek itu terhenti total,” tuturnya.

Disinggung dengan pembayaran upah pekerja terkait berhenti totalnya sejumlah proyek selama hujan deras, menurut Sutara hal itu masih tetap dibayar pihak perusahan PT Shino Hydro. “Masih tetap dibayar, karena kan gajinya itu bulanan, itu kan resiko pihak Shino Hydro. Jadi tetap harus dibayar, tak sampai ada pemotongan karena berhentinya bekerja, bukan kemampuan orang kerja tapi memang karena faktor alam,” tandas Sutara.(ign)

BACA JUGA  Asset desa terkena tol Cisumdawu, PAD Giri Mukti dipastikan naek

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.