Saka Bhayangkara Darmaraja Gelar Laskar-4

22 June 2012 00:24 WIB
 
0
1045
SELEBRASI – Tak hanya disepakbola, anggota Saka Bhayangkara pun melakukan selebrasi sebelum berangkat lomba lintas alam di Kecamatan Darmaraja, Rabu (20/6). IGUN GUNAWAN/SUMEKS

DARMARAJA – Saka Bhayangkara Kwartir Ranting (kwaran) Kecamatan Darmaraja menggelar kegiatan Lomba Lintas Alam Saka Bhayangkara (Laskar) ke-4. Kegiatan selama sehari itu di pusatkan di depan kantor Kecamatan Darmaraja, diikuti 42 peserta, Rabu (20/6).

Acara dalam memperingati HUT Polri dan Yayasan Bunga Negeri dihadiri, Muspika Kecamatan Darmaraja, jajaran kwaran Darmaraja, dan anggota DPRD Sumedang dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV, Ade Rucita.

Usai pelepasan peserta lomba kepada Sumeks, Ade menyambut baik kegiatan Laskar ke-4 yang diselenggarakan Saka Bhayangkara Kwaran Darmaraja tersebut, bahkan Ade menilai kegiatan itu dapat membangun kepridian pemuda dalam membangun Sumedang ke depan.

“Saya menilai kegiatan ini merupakan hal yang bagus untuk membangun karakter building (kepribadian) pemuda dalam hal ini pelajar setingkat SLTP dan SMA yang ada di Sumedang, karena pesertanya tidak hanya dari Darmaraja saja tetapi se-Sumedang. Dalam lomba lintas alam ini bagaimana mereka menempa dirinya sikap mental, bagaimana mereka percaya diri dan ulet dan juga dapat membangun kerjasama tim masing-masing grup,” ujar anggota dari Fraksi PKS itu.

Disebutkan Ade, kegiatan Laskar kemarin bukan hanya bentuk kegiatan jalan-jalan saja, tetapi harus memilik manfaat kedepannya. Ke depannya Ade mengharapkan, adanya kegiatan tambahan yang dilakukan pemuda terutama Saka Bhayangkara.

“Ini suatu kegiatan di mana sudah tidak ada lagi kegiatan-kegiatan yang sifatnya kreatif untuk remaja dan pelajar, dan di sini ada, tinggal bagaimana nanti ke depannya dapat divariasikan tidak hanya lomba lintas alam saja, saya juga ngasih masukan ke Saka Bhayangkara, semacam ada diskusi-diskusi ilmiah, dan adanya kegiatan-kegiatan sosial yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” lanjutnya.

Sebagai anggota dewan dan salahsatu pengurus Yayasan Bunga Negeri, Ade pun mengaku akan mensuport penuh berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas pemuda. “Sebagai anggota dewan dan pengurus yayasan saya akan memberikan mensuport, kalau kegiatan semacam ini tidak berjalan kan sayang,” imbuhnya.

Menyambut bulan Ramadhan, Ade mengharapkan agar para pelajar ini dapat aktif di pesantren Ramadhan. “Bagaimana selama Ramadhan yang akan datang itu, mereka dapat meningkatkan tidak hanya intensitas ibadah maghdoh-nya saja, tetapi bagaimana mereka juga meningkatkan kapasitas buildingnya itu dari sisi kepekaan sosial. Misalkan mereka mampu mengumpulkan dana walaupun kecil tapi kalau jumlahnya banyak kan bisa untuk membuat bingkisan-bingkisan bagi yang tak mampu, yatim piatu, jompo, mudah-mudahan seperti. Harapan saya,” tambahnya.

Ade pun memandang selama ini yang terlihat aktif dalam berbagai kegiatan menurut sepengetahuannya baru Saka Bhayangkara. Pihaknya pun berencana akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam kepramukaan, apalagi berkaitan dengan adanya rencana Undang-undang tentang ke Pramukaan akan direvisi pemerintah pusat.

“Harapan saya kalau payung hukumnya sudah jelas, pramuka itu dapat lebih berkembang lagi, dan menjadi kegiatan primadona, karena memiliki solutif, tidak hanya kemping kemah saja, tetapi benar-benar di dalamnya itu ada manfaatnya,” tandasnya.

Di tempat yang sama pembina Saka Bhayangkara, Aipda Katja, membenarkan jika pihaknya keteteran dalam masalah dana untuk penyelenggaraan kegiatan Laskar ke-4, beruntung semangat anak didiknya yang pantang menyerah hingga kegiatan Laskar ke-4 dapat berjalan dengan lancar.

“Ini benar-benar keseriusan dari anak-anak Saka Bhayangkara terlihat, karena meski minim akan dana, tapi mereka mampu menyelenggarakan kegiatan dengan sukses,” pungkasnya.(ign)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
0
0
0
0
0
0
0
SHARE
Previous articleKisah Anak Jalanan
Next articleSamen di SMPN II Cibugel