Sa’dulloh: Jangan Pernah Mewariskan Kejelekan Kepada Orang Lain

8 December 2016 23:39 WIB
 
0
Ketua PCNU Sumedang H Sa'dulloh
Ayi Abdul Kohar
Ketua PCNU Sumedang H Sa'dulloh
loading...

SUMEDANGONLINE — Ketua Dewan Pengurus Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Sukamantri H Sa’dulloh pada Rabu (7/10) mengumpulkan semua pembimbing santri di aula pesantren. Pembimbing santri yang berjumlah dua puluh oranh ini merupakan santri paling senior yang bertugas membimbing dan mengawasi kegiatan santri selama ada di asrama pesantren.

H Sa’dulloh yang menjabat juga sebagai Ketua PCNU Sumedang memberikan arahan bahwa pembimbing santri itu harus seperti guru model yang selalu menjadi teladan bagi siswanya. Segala ucapan dan tingkah laku pembimbing harus menjadi teladan bagi santri yang dibimbingnya.

Kalau pembimbing ketika dulunya pernah melakukan hal yang tidak baik atau kejelekan, janganlah sekali-kali mewariskan kejelekan tersebut pada orang lain. Janganlah melakukan kejelekan yang berantai. Bimbinglah santri menuju santri yang militan, ungkap H Sa’dulloh.

Seiring bergesernya zaman, banyak sekarang santri yang kurang fokus terhadap apa yang dihadapinya. Misalnya saat ini santri-santri yang sekolah sedang melaksanakan ujian akhir semester, tapi terkadang para santri tersebut kurang fokus dalam menghadapi ujian tersebut. Mereka di asramanya jarang menghafal dan menjawab lembar soalpun asal-asalan.

Ini yang harus dibenahi oleh pembimbing. Awasi dan bimbingan semua santri untuk fokus dalam menyiapkan ujian. Tidak hanya kegiatan selama ujian saja yang harus diawasi, tapi kegiatan apapun tetap harus dikondisikan. Sekarang bulan maulid, ayo fokuskan dan ingatkan santri untuk melaksanakan kegiatan atau amaliah-amaliah seputar maulid.