Rumah Bu Dosen Terbakar, Kerugian Hingga Ratusan Juta

12 April 2013 12:49 WIB
 

KOTA – Rumah milik seorang dosen, Ela (55), warga Bandung, di Jalan Swadaya Nomor 51 (Lingkungan Panyingkiran) RT 03 RW 04 Kelurahan Kota Kaler, Kecamatan Sumedang Utara. Sekira pukul 04.00 dini hari, Kamis (11/4) terbakar.

JIBAKU: Petuga Pemadam Kebakaran Sumedang berjibaku memadamkan api. Api berhasil dipadamkan sekira pukul 06.15, kemarin. MAMAT MUNANDAR/SO
JIBAKU: Petugas Pemadam Kebakaran Sumedang berjibaku memadamkan api. Api berhasil dipadamkan sekira pukul 06.15, kemarin. MAMAT MUNANDAR/SO

Dugaan sumber api berasal dari arus pendek listrik yang berasal dari kulkas yang tak dicabut. Akibat terbakarnya mesin kulkas tersebut merembet ke bagian dapur hingga bangunan rumah berukuran 14×40 meter milik dosen itu ludes dilalap si jago merah.

“Banyak buku pelajaran yang terbakar,” tutur Agus Saepudin, Komandan Regu I, petugas pemadam kebakaran yang mengevakuasi api, kemarin.

Sementara itu menurut petugas Linmas setempat, sebelumnya gelagat adanya kebakaran sudah tercium sebelumnya. “Sejak dini hari sudah tercium seperti bau ban yang terbakar, kirain dari bengkel depan rumah ibu Ela, makanya saya terus saja berkeliling, ketika adzan shubuh baru api mulai terlihat di atap rumah,” ujar Maman (38), seorang petugas Linmas yang ikut menangani kebakaran yang tidak menelan korban jiwa itu.

Berdasarkan surat laporan kepolisian setempat bernomor LS/14/IV/2013 Sektor, milik Polsek Sumedang Utara yang diketahui wartawan kerugian ditaksir sekitar Rp. 300 juta.

Api berhasil dipadamkan sekitar jam 6.15 oleh petugas pemadam kebakaran yang dibantu warga masyarakat. Terpisah, Kepala Seksi Ketertiban dan Kenyamanan Kelurahan Kota Kaler, Momon Dutarman, mengakui pihaknya telah meninjau langsung ke lapangan dan akan melakukan sosialisasi ke masyarakat. “Bahwa listrik rumah harus dimatikan jika ditinggal pergi jauh, apalagi untuk jangka waktu yang cukup lama. Himbauan pun akan dilayangkan berupa surat edaran kepada RT/RW dan kepada warga untuk pencegahan kebakaran,” pungkas Momon. (MAT)

BACA JUGA  Don, Lantik 21 Kepala Desa

3 COMMENTS

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.