Rohana: Pendapatan PBB, Selalu Meningkat

27 June 2014 02:07 WIB
 
0

Plt. Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Sumedang, Drs.H. Ramdan R. Dedy, M.Si., saat menyampaikan pemaparan.KETUA Penyelenggara kegiatan Pembinaan dan Penyuluhan kepada Pengelola PBB tingkat Desa/Kelurahan dan Tokoh Masyarakat , yang juga Kabid Perimbangan pada dinas pendapatan pengelolaan keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Sumedang, Rohana, S.Sos., M.Si., menyebutkan maksud dari diselenggarakannya kegiatan itu dalam rangka sinergitas pengelolaan dan percepatan penerimaan dengan para pengelola PBB di Tingkat Kecamatan maupun Tingkat Desa/Kelurahan.
“Menyamakan persepsi dan pemahaman serta wawasan dan pengetahuan yang sama dalam pengelolaan PBB untuk lebih meningkatkan tertib adminidtrasi dan motivasi terhadap pengelolaan PBB,” papar dia.
Selain itu kegiatan itu pun diharapkan dapat menumbuh kembangkan tentang kesadaran kepada para wajib pajak PBB untuk membayar pajak PBB sebelum waktu jatuh tempo.
“Dalam rangka melaksanakan amanat UU Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, yang salah satunya PBB Perdesaan dan Perkotaan. Semula merupakan pajak pusat terhitung tanggal 1 januari 2014 di Kabupaten Sumedang, menjadi pajak daerah. Maka harus ditindaklanjuti oleh para pengelola PBB di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan agar dalam pengelolaannya dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku,” tambahnya.
Sebabnya kata dia, para pengelola PBB itu harus ditingkatkan keterampilan dan wawasan pengetahuan terutama berkaitan dengan system pengadministrasian, serta prosedur pengelolaan PBB maupun system penagihan pada para wajib pajak yang salahsatunya, dilaksanakan melalui kegiatan pembinaan dan penyuluhan PBB.
“Selanjutnya kami informasikan, bahwa target PBB P-2, khususnya untuk Kabupaten Sumedang setiap tahun selalu ada peningkatan yang cukup besar. Seiring dengan perkembangan infrastrukur yang berkembang cukup pesat. Oleh karena itu perlu ditunjang dengan kempuan SDM para petugas pengelola PBB yang cukup handal,” pungkasnya.

PROMO CONTENT
loading...