Rini Soemarno Ajak BUMN Manfaatkan E-Commerce Lewat blanja.com

6 October 2016 17:35 WIB
 
0
Ilustrasi
ISTIMEWA
Ilustrasi

SUMEDANGONLINE, JAKARTA: Menteri BUMN, Rini Soemarno ajak para perusahaan BUMN dan UKM binaannya untuk manfaatkan e-commerce lewat portal marketplace milik PT. Telkom Indonesia, blanja.com. Hal tersebut disampaikan di suatu pertemuan yang dihadiri oleh Direktur Utama Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN, Direksi Telkom, dan Direksi PNM dengan agenda rapat Pengembangan Ekonomi Digital BUMN.
“Saat ini produk-produk BUMN dan mitra binaan sudah ada di blanja.com. Namun dengan kerja sama dan sinergi ini diharapkan volume penjualan bisa meningkat,” ujar Rini seperti rilis yang diterima SumedangONLINE, Kamis (6/10/2016).
Sinergi yang dimaksud adalah untuk membantu para usaha kecil menengah (UKM) dalam mendapatkan fasilitas modal sekaligus menempatkan hasil produk UKM pada blanja.com.

Menteri BUMN, Rini Soemarno ajak para perusahaan BUMN dan UKM binaannya untuk manfaatkan e-commerce lewat portal marketplace milik PT. Telkom Indonesia, blanja.com.
Menteri BUMN, Rini Soemarno ajak para perusahaan BUMN dan UKM binaannya untuk manfaatkan e-commerce lewat portal marketplace milik PT. Telkom Indonesia, blanja.com.

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga mengatakan di pertemuan tersebut dibahas soal menempatkan produk-produk unggulan UKM yang merupakan mitra binaan BUMN di blanja.com. Tidak hanya produk mitra binaan BUMN, tetapi juga produk-produk langsung dari BUMN yang bersangkutan.
Disisi lain, Perbankan akan memfasilitasi permodalan UKM yang tergabung di blanja.com. Namun demikian, ia enggan menyebutkan bagaimana bentuk pembiayaan yang akan dilakukan, mengingat pembahasan masih terus dilanjutkan pada minggu depan.
“E-commerce sudah disiapkan Telkom, jadi kami bank BUMN memberikan modal kerja dan termasuk fasilitasi sistem pembayaran digitalnya atau payment gateway-nya,”  Direktur utama Bank BTN, Maryono.
Blanja.com sendiri mengaku sangat siap untuk menanggapi sinergi ini. Sejauh ini, tercatat  4 ribu pelaku UKM sudah join di blanja.com. Dari jumlah itu, 1.100 diantaranya merupakan binaan BUMN.
“Blanja.com sangat mengapresiasi inisiatif ini karena sangat sejalan dengan visi dan misi blanja.com dimana kami hadir salah satunya untuk membantu mengembangkan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis UKM Indonesia melalui platform e-commerce marketplace yang kami miliki,” pungkas CEO blanja.com, Aulia E. Marinto. (*/rls)