Ribon-Film Habis, Seminggu Disdukcapil Sumedang Tak Bisa Cetak e-KTP

10 July 2018 17:22 WIB
 

SUMEDANGONLINE, DISDUK – Hampir seminggu ini proses pencetakan KTP elektronik di Kabupaten Sumedang gangguan. Itu terjadi lantaran adanya gangguan jaringan dari Pusat serta bahan dasar untuk e-KTP  seperti ribbon dan film, sudah habis.

Sementara untuk blangkonya sendiri menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang, H. Agus Seksarsyah Rasjidi masih tersedia bahkan masih menumpuk. Hanya saja untuk pencetakan KTP elektronik yang saat ini terkendala. Akibat kejadian itu, para pegawai di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang belum bisa bekerja secara maksimal.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang, H. Agus Seksarsyah Rasjidi

“Alasan pelayanan mengalami gangguan selama seminggu ini. Pertama memang karena server sedang ada bermasalah. Saat ini sedang dibantu oleh tim dari pusat memperbaiki. Yang kedua, kami memang sudah kehabisan ribbon dan film untuk pencetakkan ktp, untuk blangko ktp nya sendiri stocknya masih banyak, cuman pengadaan ribon dan film itu kan tanggung jawab daerah,” ujar Agus saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

Habisnya ribbon dan film itu menurut Agus di luar perkiraan, karena habis saat Pilkada lalu. Sementara untuk pengadaannya merupakan tanggung jawab p-emerintah daerah. Sehingga pihaknya mengharapkan segera ada pergeseran anggaran, agar pencetakan ktp elektronik kembali normal.

”Ini di luar perkiraan kemarin. Pada saat kami mengejar mencetak (KTP) untuk menghadapi Pilkada ini luar biasa, sehingga di luar perhitungan ribon yang kita perhitungkan cukup sampai dengan akhir tahun ternyata sudah habis lebih singkat. Dan ini sudah kami upayakan untuk segera diadakan pergeseran anggaran dan kami menunggu persetujuan ini mudah mudahan tidak lama karena sangat khawatir kepada masyarakat yang tentunya terganggu kegiatan sosialnya akibat dokumen kependudukan yang belum bisa di terima oleh mereka,” ungkapnya.

BACA JUGA  Euleuh, 3,3 juta penduduk di Jawa Barat belum memiliki KTP-el

Disinggung kapan perbaikan dan pengadaan ribbon itu akan selesai, Agus mengharapkan dapat kelar dalam akhir minggu ini. “Insyaallah diakhir Minggu ini kalau ribon dan film sudah sesuai dengan yang dijanjikan, karena tim anggaran juga sudah menggodok. Agar pergeseran ini benar benar sudah teranggarkan di dokumennya, dan kami segera menghubungi pihak ketiga untuk bisa segera mendrop ribon dan film yang diperlukan,” harapnya. ***IWAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.