Rebutan Lahan, Dua Kelompok Pemuda Bentrok

3 June 2013 07:59 WIB
 
0
1083
Polisi berjaga ketat di TKP
Polisi berjaga ketat di TKP

CIMALAKA – Bentrok antar pemuda dari dua desa yakni Desa Licin dan Desa Cimalaka, Kecamatan Cimalaka di Jalan Raya Cimalaka-Tanjungkerta sekitar pukul 17.00, Minggu (2/6). Penyebabnya, dari rebutan lahan tempat menjual air minum kemasan plastik dari setiap perlintasan armada pengangkut pasir Galian C Cimalaka.

Data dihimpun Sumeks dari lokasi kejadian, bentrok antar pemuda tersebut awalnya terjadi Sabtu malam, lalu. Namun saat itu, bentrok dari dua pemuda tersebut sempat di selesaikan dan kembali aman. Akan tetapi, permasalahan rebutan lahan ternyata masih memanas. Sehingga, kembali terjadi bentrokan susulan di lokasi sama. Hingga aparat kepolisian dan tentara pun mesti turun tangan untuk merelai bentrok itu. Pihak keamanan berencana hingga hari ini akan mengamanakan lokasi kejadian.

Meski perselisihan antar pemuda tersebut telah di selesaikan dengan menggelar musyawarah di Kantor Kecamatan Cimalaka. Dihadiri perwakilan dari dua desa untuk sesegera mungkin menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Dalam pertemuan itu hadir pula kepala desa masing-masing kelompok, Camat Cimalaka, Kapolsek Cimalaka, Danramil. Yang menghasilkan beberapa kesepakatan agar hal tersebut dapat selesai dan tidak terjadi lagi.

“Perwakilan dari kedua desa kini telah kita lakukan musyawarah bersama. Sehingga perselisihan ini tidak terjadi kembali. Yang akhirnya dapat terselesaikan sehingga kembali seperti semula,” kata Camat Cimalaka, Taufiq Hidayat kepada wartawan.

Dari hasil musyawarah yang dilaksanakan, menghasilkan beberapa perjanjian agar perselisihan kembali selesai. Dengan simpulan menutup lahan yang diperebutkan antara dua desa tersebut untuk tidak berjalan kembali.

“Alhamdulilah semuanya telah kembali seperti biasa. Dan hasil dari permusyawarahan ini pun di sepakati dari kedua belah pihak yang bersangkutan. Yang menghasilkan beberapa poin untuk saling mengamankan dan menjaga. Sehingga perselisihan selesai,” tambahnya.

Di tempat sama, Kapolsek Cimalaka Kompol Ruswana menambahkan. Usai musyawarah yang telah selesai di laksanakan semalam, pihaknya pun masih akan terus berjaga-jaga di lokasi kejadian. Hal tersebut dilakukan mencegah bentrok kedua belah pihak berulang kembali. Dengan mengerahkan anggota kepolisian mapolsek Cimalaka yang dibantu Mapolsek Paseh.

“Untuk sekarang walaupun kondisi telah kembali aman, pihak kami masih terus berjaga di TKP. Tentunya pengamanan masih harus terus dilakukan untuk menjaga lokasi,” tandasnya. (usp)