Ratusan Anggota PPK Untuk Pileg Dilantik

16 April 2013 12:19 WIB
 
0
398

JATINANGOR – Sebanyak 130 anggota dan ketua Panitia pemilihan kecamatan (PPK) Se-Kabupaten Sumedang dilantik dan diresmikan oleh KPU Sumedang, di Hotel Puri Katulistiwa Jatinangor, Senin (15/4). Ketua dan anggota PPK tersebut dilantik setelah sebelumnya dibubarkan pasca berakhirnya Pemilu untuk Gubernur dan wakil Gubernur Jabar serta Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Maret lalu.

Ratusan anggota PPK dilantik.
Ratusan anggota PPK dilantik.

Ketua KPU Sumedang, Asep Kurnia mengatakan, dari jumlah 26 kecamatan PPK dan Anggota PPK yang baru dan merupakan anggota baru hanya empat kecamatan (PPK). Yakni kecamatan Sumedang Utara, Buah Dua, Cimalaka, dan Cisarua. Sisanya merupakan anggota lama yang telah diseleksi berdasarkan syarat dan ketentuan KPU Sumedang.

“Dari empat ketua dan anggota PPK (kecamatan) tadi, ada beberapa yang diganti karena mengundurkan diri atau tidak lolos sekelsi menjadi anggota PPK. Yang jelas proses penyeleksian sesuai dengan syarat dan aturan yang ditentukan KPU. Proses pelantikan ini merupakan persiapan menghadapi pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2014,”kata Asep kepada Wartawan di sela acara Pelantikan PPK, Kemarin.

Menurut Asep, pihaknya tidak ingin kecolongan atau merekrut anggota dan ketua PPK untuk Pileg asal-asalan. Meski sebelumnya, tidak terdapat adanya kecurangan atau kesalahan yang dilakuka ketua dan anggota PPK, namun pihaknya melakukan proses seleksi sesuai aturan KPU yang berlaku.

“Setiap anggota dan ketua PPK pasca pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar serta Bupati dan wakil Bupati Sumedang lalu, sesuai aturan KPU harus dibubarkan. Artinya ketika menjadi penyelengara Pemilu untuk Pileg harus diseleksi kembali. Anggota dan ketua yang lolos maka dilantik hari ini. Alhamdulilah hanya empat kecamatan saja yang berganti posisi. Selebihnya masih ketua dan anggota PPK lama,”katanya.

Lebih lanjut, kata Asep, dalam Pileg ini akan sedikit perbedaan. Sebab calon Pileg pesertanya akan banyak. Selain itu, pihak penyelenggara harus bekerja keras meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan. Namun, pihaknya berkomitmen pelaksanaan Pileg nanti akan berjalan aman, lancar dan kondusif. (Imn)