Program Satu Pintu Bakal Permudah Layanan e-KTP. Begini Caranya …

0

SUMEDANGONLINE.COM, SUMEDANG: Program satu pintu pada pelayanan kependudukan dan catatan Sipil, rencananya akan dilaksanakan di masing kecamatandi kabupaten Sumedang. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Disdukcapil Sumedang H. Agus Seksarsyah Rasjidi melalui Bidang Pelayanan Catatan Sipil H. Jajang Sudayat di ruang kerjanya.

Menurutnya, program satu pintu yang berbasis pelayanan terpadu diprogramkan pemerintah Provinsi/ Pusat. Program tersebut bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan dalam pembuatan / pencetakan  e-KTP, Kartu Keluarga (KK), dan Akta Kelahiran.

“Program Satu Pintu ini akan sangat membantu terutama bagi masyarakat yang tempat tinggal / jaraknya jauh. Selain itu juga dapat membantu mengurangi beban cost (biaya) yang dikeluarkan,” kata Jajang pada kontributor Sumedang Online, Senin (5/3/2018).

Lanjutnya, dengan adanya pelayanan satu pintu ini masyrakat yang ingin membuat surat keterangan / identitas dirinya sudah tidak perlu lagi datang ke kantor Disdukcapil. Mereka cukup mendatangi ke posko/tempat yang sudah disediakan, yaitu kantor kecamatan. “Dan untuk pelaksanaan tinggal menunggu dari pusat termasuk anggarannya,” ujarnya.

Sementara itu target pelayanan yang telah dilaksanakan dalam penerbitan Akta Kelahiran(0-18 tahun), yang telah tercatat / terdaftar di Disdukcapil Sumedang pada Tahun 2018, berjumlah  337.000 orang.

”Dan yang sudah memiliki Akta kelahiran sebanyak 243.000 orang dengan capaian target 73 %. Sementara sisanya yang belum memiliki Akta kelahiran kurang lebih 4000 orang, dan itu masih dalam tahap proses pembuatan,” tutupnya. *** UYA