PMDS bakal kembangkan potensi wisata di Sukaratu

22 August 2016 16:51 WIB
 
0
FOTO BERSAMA: Sejumlah pengunjung waduk Jatigede saat melakukan sesi foto bersama.
Usep Jamaludin/sumedangonline
FOTO BERSAMA: Sejumlah pengunjung waduk Jatigede saat melakukan sesi foto bersama.

SUMEDANGONLINE: Desa Sukaratu Kecamatan Darmaraja Kab Sumedang kini memiliki kawasan wisata pantai yang menyimpan pemandangan yang eksotik sehingga diprediksi bisa memanjakan pengunjung yang ingin melihat kawasan pantai Jatigede di wilayah ini.
Empat orang memilki peran sebagai deklarator tercetusnya Peguyuban Masyarakat Desa Sukaratu (PMDS). Deklarasi dilatarbelakangi keinginan untuk memanfaatkan lahan pantai yang ada di desa Sukaratu seluas kurang lebih 2 hektar untuk dijadikan kawasan wisata.
Demikian seperti disebutkan Jajang Junaedi atau kerap disebut Kang Jamos selaku ketua Peguyuban Masyarakat Desa Sukaratu (PMDS) didampingi Uyu, Haryono dan  Ojo Juhana yang merupakan deklarator PMDS, saat even17 Agustusan di area kampung Paguyuban yang juga mendapat kepedulian dari pengusaha lokal seperti Regina Sumedang berharap masyarakat khususnya di wilayah Desa Sukaratu bekerja bersama dalam penataan kepariwisataan di wilayah Sukaratu yang memiliki potensi kepariwisaan pantai. “Yang kami bisa lakukan adalah melakukan penataan lokasi yang ada di sekitar pantai hingga nyaman bagi para wisatawan baik dari Sumedang, maupun luar Sumedang,” ujarnya.
Sementara itu H. Uman selaku Putra Daerah Desa Sukaratu menyatakan kegiatan even ini terselengara di lokasi  kepariwisataan Pantai Kampung Paguyuban Desa Sukaratu Kecamatan Darmaraja menyatakan, “terbentuknya PMDS merupakan wadah bagi seluruh elemen masyarakat Desa Sukaratu yang ingin melakukan penataan Pantai paguyuban Desa Sukaratu dengan menjual berbagai potensi yang dimilikinya seperti kuliner, wisata air wahana perahu pemancingan dan lain sebagainya. Hal itu dimaksudkan dalam rangka meningkatkan taraf perekonomian warga sekitar masyarakat di Desa Sukaratu,” ujarnya. ***