Persiapan Pilkada 2018, KPU Koordinasi dengan Bupati

11 October 2016 17:06 WIB
 
1
Ketua KPU Sumedang saat melakukan koordinasi dengan Bupati Sumedang terkait persiapan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati Tahun 2018, kemarin
Istimewa
Ketua KPU Sumedang saat melakukan koordinasi dengan Bupati Sumedang terkait persiapan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati Tahun 2018, kemarin

SUMEDANGONLINE: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang, berinisiatif melakukan kunjungan kerja ke Bupati Sumedang, Eka Setiawan, Selasa (11/10). Hal itu, sebut Ketua KPU Kabupaten Sumedang, Asep Kurnia, SH. MH, sebagai langkah koordinasi persiapan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati Tahun 2018.
“Pada hakikatnya, kegiatan koordinasi merupakan penataan beragam unsur ke dalam suatu penyelenggaraan yang terpadu dan selaras. Sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Sebagai salah satu bentuk pemenuhan hak asasi warga negara di bidang politik dengan banyak pemangku kepentingan, pelaksanaan pemilihan kepala daerah tentu membutuhkan koordinasi intensif dengan berbagai pihak,” kata Ketua Kabupaten Sumedang, Asep Kurnia, kemarin.
Dalam kunjungan ini, Asep mengemukakan KPU Sumedang menjadi salah satu tujuan studi banding kota/kabupaten lain yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah tahun 2018.
“Ini karena Sumedang memiliki pengalaman menyelenggarakan pemilihan gubernur dan bupati secara bersamaan, yakni tahun 2008 dan 2013,” imbuhnya.
Lebih jauh, Asep menjelaskan, rangkaian kunjungan kerja ini berlangsung selama enam hari.
“Selain berkoordinasi dengan Bupati, KPU juga melakukan kunjungan kerja ke Polres, Kodim 0610, Kejaksaan, Subdenpom, dan DPRD Sumedang”.
Di akhir kunjungan, Asep menyerahkan dokumen Rancangan Jadwal Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Tahun 2018 pada Eka. “Tahapan pemilihan kepala daerah di Sumedang akan dimulai bulan Juli 2017,” terang Asep.
Kunjungan kerja ini melibatkan 10 personil KPU, yang terdiri dari 5 orang komisioner dan 5 orang pejabat struktural Sekretariat KPU Sumedang. (*/rls)