Pembebasan Lahan Bendung Rengrang Mandek, Dadang: Harusnya Sudah Dimulai

30 July 2016 00:59 WIB
 
0
loading...

SUMEDANGONLINE, DPRD SUMEDANG: Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Sumedang mempertanyakan terkait kejelasan, jadi dan tidaknya pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Barat, yang akan membangun Bendung Rengrang. Sebelumnya pembangunan bendung tersebut sempat terkendala pembebasan lahan, kemudian tersiar kabar akan dilakukan pembebasan mulai November 2015 lalu untuk lahan yang ada di Kecamatan Paseh, Conggeang dan Tomo.
Namun, sampai sekarang dikatakan Ketua Komisi D DPRD Sumedang, Dadang Romansyah, untuk pembebasan lahan saja hingga saat ini malah mandek.
“Seharusnya, bila pemerintah pusat serius, pembebasan lahan untuk Bendung Rengrang sudah harus segera dimulai. Paling tidak di areal yang akan dijadikan badan bendung. Jika pembebasan lahannya saja sudah mandek, Bendung Rengrang tidak akan pernah terwujud,” kata Dadang Romansyah saat dihubungi wartawan di ruang kerjanya.
Padahal dikatakan Dadang pembangunan Bendung Rengrang tersebut, merupakan bentuk kompensasi pemerintah pusat untuk masyarakat Kabupaten Sumedang dari pembangunan Waduk Jatigede. Sebab, keberadaan Waduk Jatigede tidak memberikan manfaat langsung kepada masyarakat Kabupaten Sumedang dari manfaat pengairan irigasinya.***