Peluang nih, konsumsi kopi di Jabar tembus 90 ribu ton pertahun

9 October 2017 17:47 WIB
 
0

BANDUNG – Ini peluang bagi produsen kopi di Jawa Barat, pasalnya menurut Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Provinsi Jawa Barat, Arief Santosa kebutuhan masyarakat Jawa Barat akan konsumsi kopi mencapai 90 ribu ton setiap tahun. ”Pola konsumsi kopi ini tidak seimbang dengan jumlah produksi kopi di Jabar,” kata kata Kadisbun Provinsi Jawa Barat, Arief Santosa.

Untuk mengantisipasi hal itu pihaknya akan memperluas lahan tanam kopi. Hal itu pun sebut dia sesuai dengan program Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan dengan memberikan bibit benih kopi yang bisa memperluas tanam dengan menanam 5,4 juta pohon selama 4 tahun dan tahun ini rencananya akan menanam 5 juta benih yang diprakarsai dengan dibagikan oleh Pak Gubernur sampai akhir tahun 2017.

“Konsumsi kopi per kapita 1,2 kg per tahun dengan jumlah penduduk Jabar sekitar 45 juta jiwa berarti kebutuhan kita mencapai 90 ribu ton lebih sedangkan kemampuan produksi kita 50 ribu ton per tahun,” katanya kepada wartawan di Bandung, Senin (9/10/2017).

Arief menyebutkan adanya penanaman seribu pohon berarti mampu menambah luas tanam kopi sekitar 5 ribu hektar sehingga perimbangan antara kebutuhan dan kemampuan produksi Jabar bisa mencukupi.

“Alhamdulillah, Pak Kadivre Perhutani Jabar Banten sudah membuka diri, silahkan memperluas tanam kopi,” ungkap Arief.

Meskipun kekurangan, namun Jawa Barat mampu mengekspor kopi ke sejumlah negara. Kopi yang diekspor dari Jabar ini bersifat spesial tea dengan jumlah sekitar 200 ton.