[ Pelantikan BMI Sumedang ] Ini Filosopis Sayap Menurut Kang Hasan

20 January 2018 12:29 WIB
 
Tb Hasanuddin
Tb Hasanuddin

SUMEDANG – Bakal Calon Gubernur Jawa Barat dari PDI Perjuangan, Tb Hasanuddin memberikan filosopis pentingnya peranan sayap. Hal itu dikatakan Tb Hasanuddin saat memberikan sambutan dalam pelantikan DPC Banteng Muda Indonesia (BMI) Cabang Sumedang dan Konsolidasi Internal Partai di Graha Insun, Sabtu (20/1/2018).

Dihadapan para pengurus DPC BMI Sumedang Tb pun mengaku bangga dengan kepengurusan BMI saat ini karena selain banyak yang baru, juga dari segi usia masih muda.  ”Seluruh pengurus DPC BMI yang baru dilantik, saya bangga. Dari sekian pengurus itu banyak yang baru dan muda, jadi bukan lagi banteng kolot tapi benar benar muda. Muda dalam bertindak, muda dalam berpikir dan muda dalam berkarya, termasuk muda umurna. Itu, yang pertama,” kata Hasanuddin.

Sebagai salahsatu sayap partai PDI Perjuangan dia pun memaparkan bagaimana pentingnya sebuah sayap dalam seekor buru. ”Sayap itu apa? Mari kita lihat burung. Kalau sayapnya itu pendek, ngelepek. Burung tidak akan bisa terbang tinggi, tidak akan bisa nukik kalau kelepek kelepek begitu. Sayap burung bisa mengangkat badan itu yang pertama adalah harus rentang kendalinya itu lebar,” ungkapnya.

“Heulang paling lebar itu 60 cm, tapi sayapnya itu ada yang mencapai dua meter, panjang. Jadi harus lebih lebar lagi. Kedua, sayap itu ulah jadi pangbeubeurat badan. Kalau sayap itu berat, badan tidak mungkin bisa terbang sebagaimana mestinya. Jadi sayap jangan memberatkan badan. Sayap itu bisa  membuat terbang adalah bulu. Bulunya itu harus kering, kering itu tidak basah. Sehingga bisa melayang si bulu bulu sehingga sayap itu sesungguhnya tidak boleh basah, tong loba ulin dicai. Ulah loba teuing teknik, ulah loba teuing nipu ka babaturan. Kalau sayap nanti patah juga tidak bisa terbang. Ini fungsi dari sayap.”

BACA JUGA  Tidak Patuh Bayar Tagihan, Sentul City Putus Aliran Air PDAM

“Yang tadinya mungkin organisasi itu sekian ratus orang kembangkan lagi, raih lagi untuk bersama sama masuk di jajaran sayap sayap. Sayap itu ada banteng muda indonesia, taruna merah putih,” tandasnya. ***

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.