Padat Karya Cash Sasar 1.000 Desa

19 December 2017 01:40 WIB
 
1
Padat Karya Cash Sasar 1.000 Desa
Fanda Muhyiddin/ Kemendes PDTT
Padat Karya Cash Sasar 1.000 Desa

JAKARTA – Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri sebagai payung pelaksanaan program padat karya cash resmi ditandatangani, Senin (18/12). Program tersebut bakal dimulai awal tahun 2018 dan menyasar 1.000 desa di 100 kabupaten. Penandatanganan SKB empat menteri ini dilakukan di kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Koordinator PMK Puan Maharani, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

“Kami berharap dengan penandatangan SKB 4 menteri ini berbagai kebijakan percepatan implementasi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa bisa dilakukan secara selaras antar kementerian/lembaga,” ujar Menko PMK Puan Maharani.

Dia menjelaskan, dalam SKB 4 menteri ini memuat beberapa poin penting diantaranya tentang pelaksanaan program padat karya cash, sinergitas pemerintah pusat dan daerah dalam pelaksanaan UU Desa, pemberdayaan ekonomi desa melalui BUMDes dan koperasi, serta tata kelola keuangan desa yang akuntabel. Menurutnya, berbagai poin dalam SKB 4 menteri ini diharapkan bisa memfokuskan berbagai program pembangunan di kawasan perdesaan.

“Kami berharap pelaksanaan pembangunan di kawasan perdesaan dilakukan secara gotong royong antar kementerian dan lembaga sehingga tujuan menyehterakan warga desa bisa segera terwujud,” katanya.

Terkait pelaksanaan program padat karya cash, kata Puan, akan dilaksanakan secara bertahap. Pemerintah telah menetapkan sasaran program ini di 100 kabupaten di mana setiap kabupaten akan dipilih 10 desa. Dengan demikian nantinya akan ada 1.000 desa yang menjadi sasaran dari program padat karya cash. Tahap pertama akan dimulai di bulan Januari dengan menyasar 100 desa di 10 kabupaten.

PROMO CONTENT
loading...

1 COMMENT