NU persilakan masyarakat sumbang pohon untuk Garut, Sumedang

3 October 2016 13:52 WIB
 
1
Penampakan udara lokasi longsor Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan.
ISTIMEWA
Penampakan udara lokasi longsor Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan.

SUMEDANGONLINE: Nahdlatul Ulama melalui NU Care-LAZISNU mempersilakan masyarakat untuk menyumbang pohon kepada Kabupaten Garut dan Sumedang, Jawa Barat, yang baru dilanda bencana alam banjir serta longsor melalui program “Sedekah Sejuta Pohon”.
Program yang diluncurkan pada Minggu (2/10) ini diadakan demi penghijauan serta reboisasi kerusakan lingkungan di wilayah tersebut.
“Kita tidak boleh hanya fokus pada penyelesaian atas akibat yang ditimbulkannya saja. Namun, yang tak kalah penting adalah fokus menyelesaikan penyebabnya, yaitu penyebab perusakan lingkungan besar-besaran di Garut, salah satunya penebangan pohon-pohon Gunung Papandayan,” ujar Direktur Utama NU Care-LAZISNU Pusat, Syamsul Huda dalam siaran tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Minggu (2/10).
Syamsul menambahkan, menanam pepohonan merupakan salah satu penyelesaian sistematis atas penyebab bencana yang terjadi pada akhir September 2016 itu karena dapat menyelamatkan lingkungan. Karena itu, NU Care-LAZISNU pun berharap masyarakat segera bisa memberikan donasinya untuk perbaikan alam di Garut dan Sumedang.
“Mulai hari ini, kita akan buka donasi Sedekah Sejuta Pohon untuk Garut dan Sumedang. Bagi yang sudah berdonasi dan menyukseskan acara launching hari ini, saya harap menjadi permulaan untuk beker jasama dengan NU Care dalam program-program selanjutnya,” kata Syamsul.
Demi melancarkan program ini, NU Care-LAZISNU menggandeng Dik Doank selaku pegiat lingkungan, untuk mengajak masyarakat agar menjaga dan mencintai alam.
Selain itu, dalam acara peluncuran tersebut hadir pula Kelompok Pecinta Alam “Alam Jabar”, Relawan PKH Kemensos Kabupaten Banyumas, Komunitas Fans Club Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, jajaran Muspika Kecamatan Pasirwangi, Relawan NU Care Tangerang Selatan, dan lain-lain. Dari NU Care Pusat turut hadir Wakil Ketua Abdullah Masud, Direktur Fundraising Nur Rohman dan Direktur Penyaluran Slamet Tuharie.
Program “Sedekah Sejuta Pohon” ini pun melengkapi berbagai bantuan yang sebelumnya telah diberikan NU Care-LAZISNU seperti makanan, obat-obatan, perlengkapan anak-anak, perlengkapan masjid dan uang tunai.
Semua itu bisa disediakan atas kerja sama NU Care di seluruh Indonesia, termasuk dengan cabang Korea Selatan dan cabang Taiwan.
Bencana banjir bandang terjadi di Kabupaten Garut pada Rabu (21/9) dini hari dan pada Selasa (20/9) malam, terjadi longsor di Kabupaten Sumedang.
Kepala Pusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bencana banjir dan longsor di Garut dan Sumedang akibat hujan berintensitas tinggi dan berdurasi panjang, ditambah tingginya tingkat kerentanan.

1 COMMENT