Musrenbang, Dorong Pemerataan Pembangunan

15 March 2013 09:07 WIB
 

KOTA – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten merupakan proses pengambilan keputusan dalam menentukan kebijakan perencanaan pembangunan daerah setahun ke depan. Kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari kegiatan Musrenbang tingkat desa, kecamatan, serta forum SKPD yang telah diselenggarakan sebelumnya. Musrenbang Integrasi Tingkat kabupaten Sumedang Tahun 2013 kembali dilaksanakan pada Kamis, (14/3) di Aula Tampomas Gedung Pusat pemerintahan Kabupaten Sumedang.

Plt. Sekertaris Daerah Drs H Zainal Alimin, MM, tengah memberikan sambutan.
Plt. Sekertaris Daerah Drs H Zainal Alimin, MM, tengah memberikan sambutan.

Acara yang mengusung tema “Mendorong Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah dan Pemerataan Pembangunan Berbasis Pembuatan infrastruktur” ini dihadiri oleh Kepala Bidang Pembangunan Daerah pada Bakorwil IV yang mewakili Gubernur Jawa Barat, perwakilan unsur Muspida, Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang yang mewakili Bupati Sumedang, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, dan dari Bappenas.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sedikitnya 300 peserta yang merupakan unsur dari Pengadilan Negeri Kabupaten Sumedang, Delegasi SKPD dan Kecamatan, Fasilitator SKPD, LSM, Perguruan Tinggi, Tokoh Masyarakat, dan para pelaku program organisasi pemberdayaan masyarakat. Selanjutnya, hasil dari Musrenbang Integrasi tingkat Kabupaten ini akan dibahas dalam Pramusrenbang Provinsi yang akan diadakan di setiap Badan Koordinasi Pemerintahan Pembangunan Wilayah I-IV dan forum Musrenbang Provinsi.

“Tujuan dari diselenggarakannya Musrenbang ini adalah untuk menetapkan visi dan misi arah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), mendapatkan rincian rancangan awal RKA SKPD, mendapatkan rincian rancangan awal kerangka regulasi yang berhubungan dengan pembangunan, serta menetapkan usulan kegiatan yang didanai oleh BLN program pemberdayaan, diantaranya adalah PNPM Integrasi/Sauyunan,” ujar Kabid Pemerintahan dan Sosial pada Bappeda Sumedang Hj Reni Fahdini, SPd, MSi.

Dalam Sambutannya, Bupati Sumedang yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah Drs H Zainal Alimin, MM menjelaskan bahwa Musrenbang Integrasi tingkat kabupaten merupakan proses pengambilan keputusan dalam penentuan kebijakan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sumedang untuk tahun 2014. “Untuk itu, perlu didukung dengan perencanaan pembangunan yang dilaksanakan dengan paradigma partisipasi dan pemberdayaan masyarakat yang dipaduserasikan dengan pola teknokratik dan politik pada tatanan pemerintahan di desa, kecamatan, dan kabupaten,” tegas Bupati.

BACA JUGA  Logistik Pemilukada Masih Disortir PPK

Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan, Lc dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pembangunan Daerah pada Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah IV, Dedeng Yusuf Maolani, SH, MSi mengharapkan dari penyelenggaraan Musrenbang Kabupaten akan menghasilkan RKPD yang sinergi dengan prioritas pembangunan provinsi Jawa Barat dengan ciri hasil wujud komitmen pembangunan.

“Mudah-mudahan melalui Musrenbang yang akan ditindaklanjuti dengan Musrenbang kewilayahan di tiap BKPP ini, kita mampu merumuskan berbagai kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan dan mampu memilih serta memilah kegiatan yang tepat pada masing-masing level pemerintahan sehingga mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan Jawa Barat,” tutur Gubernur. (IRP)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.