Masjid Uswatun Hasanah Bakal Tampung Ribuan Jamaah

21 November 2015 00:09 WIB
 
0
Peresmian ditandai dengan peletakan batu pertama, penandatanganan prasasti dan penekanan tombol sirene oleh Wakil Bupati
Peresmian ditandai dengan peletakan batu pertama, penandatanganan prasasti dan penekanan tombol sirene oleh Wakil Bupati

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Wakil Bupati H Eka Setiawan meresmikan pembangunan Mesjid Raya Uswatun Hasanah Komplek Perumahan Jatinangor Citi Park (Janatipark) Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor, Jum’at (20/11).
Peresmian ditandai dengan peletakan batu pertama, penandatanganan prasasti dan penekanan tombol sirene oleh Wakil Bupati beserta pihak pengembang yang diwakili Dedi S A Kodir juga oleh Camat Jatinangor Ida Farida Sobandi. Diserahkan pula IMB oleh Wakil Bupati H Eka Setiawan kepada Ketua Panitia Pembangunan Mesjid Bambang Setiawan.
Turut hadir pada acara tersebut Ketua Komisi A DPRD Dudi Supardi, Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Ade Setiawan, Kepala Kantor Kesbangpol Bambang Rianto, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Jatinangor, jajaran Pemerintahan Desa Cibeusi, Direksi PT Koryza dan Kopelindo selaku pengembang Janatipark, tokoh masyarakat dan warga setempat.
Ketua Panitia Pembangunan Bambang Setiawan melaporkan, mesjid dibangun di atas lahan 6.500 m² dengan luas bangunan 2.300 m² dan tiga lantai. “Lantai pertama digunakan untuk gedung serba guna. Mesjid berada di atasnya seluas 900 m² dan lantai tiga merupakan balkon dengan luas 400 m²,” tuturnya.
Dikatakan, kehadiran menara setinggi 21 m di plaza sekitar mesjid akan menambah kemegahan mesjid yang mampu menampung sekira 2.000 jemaah tersebut. “Pembangunan mesjid ini dibiayai oleh Kopelindo selaku pemegang saham terbanyak PT Koryza dengan dana sebesar Rp. 10 miliar. Mudah-mudahan pada Tahun 2017 sudah bisa digunakan,” ujarnya.
Kades Cibeusi Yoyo menyambut baik pembangunan mesjid di wilayahnya itu seraya berharap dapat digunakan tidak hanya oleh warga komplek tetapi juga penduduk di luar komplek. “Atas nama warga Cibeusi kami merasa senang atas pembangunan mesjid ini dengan harapan dapat mempererat kebersamaan warga komplek dan penduduk setempat dengan sama-sama menggunakannya,” ucap Kades.
Ia juga mengharapkan agar keuntungan yang didapat oleh pengembang dapat dirasakan pula oleh warga setempat. “Selaku Kepala Desa, saya mengharapkan penduduk yang ada di sekitar Janatipark ini bisa turut merasakan manfaat dari keberadaan komplek ini,” tuturnya.
Sementara itu, Wabup H Eka Setiawan menyampaikan aspirasinya atas komitmen pengembang yang mendorong perkembangan kawasan tersebut yang diawali dengan pembangunan mesjid. “Disampaikan tadi oleh pengembang bahwa sebelum membangun faslitas lain seperti pusat perbelanjaan, tempat hiburan, dan sarana lainnya, pembangunan mesjid didahulukan. Terima kasih atas komitmennya,” ujar wabup.
Ia mengharapkan bangunan mesjid tersebut nantinya menjadi salah satu landmark kawasan Jatinangor yang menjadi kebanggan Sumedang. “Diharapkan nantinya benar-benar menjadi pusat kegiatan umat khususnya kalangan mahasiswa dan warga komplek. Dengan penerangan lampu yang terang di malam harinya, akan banyak masyarakat yang memanfaatkan mesjid untuk kegiatan positif lainnya selain sebagai tempat ibadah,” ucapnya.
Wabup juga meminta kepada pihak pengembang untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat sekitar Janatipark agar sama-sama berkembang. “Pembangunan yang ada hendaknya membawa perkembangan dan kemajuan bagi warga sekitar pula,” ucap Wabu.
Dalam kesempatan tersebut, pihak pengembang menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu dan warga sekitar komplek Janatipark. Pada pagi harinya pun telah digelar zikir dan do’a bersama 500 orang warga.***

Rep: Humas Pemkab Sumedang