Marak pencabulan pada anak di bawah umur, ini imbauan Kapolres Sumedang

25 November 2016 16:11 WIB
 
0
Kasubag Humas Polres Sumedang, AKP Dadang Rostia
Pitriyani
Kasubag Humas Polres Sumedang, AKP Dadang Rostia

SUMEDANGONLINE: Kapolres Sumedang, AKBP Agus Imam Rifai, mengimbau para orangtua untuk tak memberikan gadget dengan paket data yang bisa mengkases internet pada anak anak di bawah umur. Hal itu dikatakan Kapolres Sumedang menyikapi banyaknya aksi pencabulan yang menimpa anak di bawah umur akhir-akhir ini.
“Anak di bawah umur dilarang membawa dan menggunakan HP berpaket data sehingga tidak terjadi penyimpangan yang berakibat fatal utk massa depannya ( Pornoisme & Brutalisme),” ujar Kapolres Sumedang seperti dikatakan kembali Kasubag Humas Polres, AKP Dadang Rostia pada SumedangOnline, sore ini (25/11/2016).
Lebih lanjut dikatakan Dadang, selain mewanti wanti orangtua agat tak memberikan fasilitas internet tanpa adanya pengawasan dari orangtua. Kapolres pun sebut Dadang, mengajak masyarakat untuk lebih digiatkan lagi pemahaman dasar agama terhadap anggota keluarga, instansi dan lingkungan warga masyarakat dengan mengedepankan kenyataan modernisasi sekarang yang sulit dibendung.
“Adakan pengawasan melekat yang berkesinambungan atau terus menerus dengan ikhlas dan istikomah untuk menghindari akhlak keji dan mungkar,” tambahnya.
Selain itu, sebut dia adakan komunikasi aktif antara anak dengan orangtuanya, orang tua anak dengan guru/wali kelas disekolahnya.
“Usahakan pengawasan terus menerus dengan memonitor anak anak anggota keluarga dengan penekanan anak main dengan siapa, rumahnya di mana dan no hp temannya berapa, sering main/bergaul dengan siapa saja. Adakan komunikasi dua arah yang humanis, aktif dan pendekatan familier ( kekeluargaan/ persaudaraan) dengan transfaran (terbuka dan realita),” imbuhnya.
Kapolres pun menyarankan agar orangtua dapat mengajak dan memimpin anggota keluarga untuk melaksanakan ibadah keagamaan dengan baik dan benar (Taq’wa). ***