Manfaat Radio Control Program Jabursilan Mulai Dirasakan

0

SUMEDANG – Jangan heran ketika anda berkunjung ke Sumedang, sejumlah kepala desanya kerap membawa radio komunkasi. Itu merupakan bagian dari mendukung program jaga lembur sisi jalan (Jabursilan).

Kini, berbagai informasi dua arah baik dari masyarakat desa ke petugas keamanan bisa dengan cepat dan mudah. Salahsatunya seperti diungkapkan Ketua Komunitas Radio Kontrol Kecamatan Cisitu, Andi. Dari sepuluh desa yang ada di wilayah kecamatan Cisitu, saat ini sedikitnya sudah terdapat 30 radio kontrol.

Andi mengakui adanya radio tersebut sangat bermanfaat karena memudahkan pihaknya berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Apalagi sebut dia, jaringannya sudah terhubung dengan kepolisian Sektor Cisitu. ”Jadi pihak kepolisian bisa lebih cepat mendapatkan informasi terkait berbagai kejadian yang ada di wilayah kecamatan Cisitu,” papar Andi.

Sementara untuk petugas keamanan di desa desa kata dia, sistemnya bergiliran. ”Jadi yang bertugas ronda, nanti dia yang kebagian pegang radio kontrolnya. Ada yang standby di pos ketika yang lain keliling. Jadi setiap kejadian bisa langsung dilaporkan,” ungkapnya.

Selain mendapat dukungan dari kepolisian sektor Cisitu, masyarakat di wilayahnya pun kata dia memberikan dukunagn serupa salahsatunya dengan mendirikan antena penyearah. Dengan adanya antena tersebut, jangkauan frekuensi akan lebih luas. ***PUR/FORKOWAS