Luhut: Lima Tahun Citarum Bersih

16 January 2018 13:29 WIB
 
0
Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan
Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

BANDUNG-Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menegaskan, tim satgas penataan Citarum menargetkan dalam waktu 5 tahun kedepan, Citarum akan kembali bersih. Hal itu diungkapkan Luhut usai menggelar rapat dan sosialisasi penataan Citarum di Gedung Sate, Selasa (16/1).

“Kita ingin lima tahun sejak saat ini, Citarum airnya bisa diminum. Itu kita yakini dengan komitmen dan kerja semua pihak, harapan itu bisa tercapai” ungkapnya, didampingi Wagub Jabar Deddyizwar dan Menkopolhukam Wiranto.

Sebelumnya, dalam rapat dan sosialisasi yang dihadiri para kepala daerah, pengusaha dan pemegang kenijakan terkait Citarum, Luhut memaparkan kondisi Citarum terkini.

“Wajar kalau majalah Internasional menyebut Citarum sebagai sungai terkotor di dunia. Kondisinya memang seperti itu sekarang coba Anda lihat” katanya sambil menunjukan slide di 2 layar besar yang dipasang di Aula Barat Gedung Sate, tempat acara berlangsung.

“Ini akibat banyak faktor termasuk budaya masyarakat sendiri, selain pencemaran yang disengaja seperti limbah industri” jelas Luhut.

Oleh karena itu menurut Luhut, penanganan Citarum kini dikomandoi langsung pemerintah pusat agar prosesnya bisa terintegrasi.

“Dulu, semua bidang bekerja, tetapi tidak terintegrasi alias parsial. Dana kenluar cukup besar tetapi tidak menuntaakan masalah” paparnya.

Luhut menambahkan, selain penataan masalah fisik, masalah hukumnya juga akan diselesaikan, seperti pelangaran pembuangan limbah, alih fungsi lahan dan lain-lain.

“Oleh karena itu Pak Wiranto (menkopolhukam) juga hadir di sini. Karena kemungkinan banyak menyangkut masalah hukum juga” pungkas Luhut. (Pun)