Logistik Pemilukada Masih Disortir PPK

9 February 2013 00:55 WIB
 
0
384

SITURAJA – Meski sudah mendapat logistik untuk kebutuhan pemilihan umum kepala daerah pada 24 Februari, mendatang. Seperti kotak suara dan bantalan pencoblosan. Namun, sejumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), belum seluruhnya melakukan distribusi logistik tersebut ke Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Petugas PPK Situraja tengah melakukan penyortiran logistic, berupa kotak suara di kantor PPK Situraja, Jumat (08/02)
Petugas PPK Situraja tengah melakukan penyortiran logistic, berupa kotak suara di kantor PPK Situraja, Jumat (08/02)

Kebanyakan dari para PPK itu masih menunggu, logistic lainnya yang belum datang. Selain itu tak sedikit dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pun berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang dapat memberikan segera buku panduan teknis dilapangan terkait pencoblosan nanti.

Dihubungi di kantornya Ketua PPK Kecamatan Situraja, Wawan Kurniawan, membenarkan jika pihaknya sudah mendapatkan logistic untuk kebutuhan pencoblosan pada 24 Februari mendatang, namun pihaknya belum mendistribusikan ke PPS. “Ini baru sebagian yang datang, kita tunggu saja sampai semuanya komplit. Baru kita distribusikan. Kita baru mendapatkan paket 154 buah kotak suara untuk 77 TPS (Tempat Pemungutan Suara) di Kecamatan Situraja,” ungkap Wawan, Jumat (08/02).

Selain masih menunggu logistic yang belum datang, sebut dia, pihaknya pun masih melakukan penyortiran terhadap logistic yang datang. “Pokoknya, begitu barang ini diterima di PPS itu harus sudah siap pakai, makanya kita sortir dulu,” terang dia.

Wawan juga membenarkan banyak diantara KPPS yang meminta buku panduan, apalagi terkait adanya perubahan petugas KPPS dari semula Sembilan orang menjadi Tujuh orang. “Kalau KPPS sudah mendapat buku panduan, tinggal kita melakukan pengecekan, jadi mereka benar-benar paham akan tugas, pokok dan fungsinya itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PPK Kecamatan Darmaraja, Drs Wahidin Ibnu Halimi pun membenarkan hal itu. Sebut dia, untuk kebutuhan logistic memang baru sebagian yang datang, hingga pihaknya masih mengumpulkannya di kantor PPK Darmaraja.

“Kita sudah menerima TPS, berupa bantalan, paku dan kotak suara, untuk kita bagikan di 81 TPS,” ujar Wahidin.

Lain dari itu petugas PPS pun telah mendapatkan honorarium verifikasi factual tahap ke-Dua untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. “Baru saja kita membagikan uang honorarium, yang dikirim langsung oleh KPU Sumedang ke PPK,” tambahnya. (ign)