Kunjungi pengungsi, Nurhasan: lebih baik di relokasi

"Saya turut berduka atas musibah yang terjadi saat ini. Mudah-mudahan diberi kesabaran buat para pengungsi yang jumlahnya seribu lebih."
Anggota DPR MPR RI, Nurhasan Zaidi

2 October 2016 06:02 WIB
 
1
Anggota DPR MPR RI, Nurhasan Zaidi, saat berdialog dengan para pengungsi di Makodim 0610/Sumedang, Sabtu (01/10/2016).
Pitriyani
Anggota DPR MPR RI, Nurhasan Zaidi, saat berdialog dengan para pengungsi di Makodim 0610/Sumedang, Sabtu (01/10/2016).

SUMEDANGONLINE: Anggota DPR MPR RI, Nurhasan Zaidi, memberikan apresiasi terhadap kebersamaan yang terjalin pada masyarakat Indonesia. Hal itu, terlihat dari ketika adanya musibah, banyak diantara masyarakat yang terjun langsung memberikan bantuan bagi para korban.
“Saya turut berduka atas musibah yang terjadi saat ini. Mudah-mudahan diberi kesabaran buat para pengungsi yang jumlahnya seribu lebih. Kalau saya percaya, kalau ada musibah di Negeri kita, masyarakat kita ini, masyarakat agamis, religius jadi rasa kebersamaan, taawun, tolong menolongnya sangat tinggi jadi saya tidak hawatir terhadap rasa partisifasi masyarakat,” kata Nurhasan Usai meninjau para pengungsi di Makodim 0610/Sumedang, Sabtu (1/10/2016).
Meski demikian, sebut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, pemerintah juga harus dapat memikirkan pasca bencana terjadi. Ia menyarankan agar pemerintah dapat segera merelokasi masyarakat ke tempat yang lebih aman, untuk menghindari hal-hal yang buruk terjadi di kemudian hari. Apalagi, kata dia, pada peristiwa longsor dan banjir di Kabupaten Sumedang beberapa waktu lalu, ada empat orang korban jiwa meninggal.
“Yang saya hawatirkan, pasca selesai bencana ini. Terutama ini kan kebanyakan terkena dan hawatir terkena longsor, kalau bantuan kan luar biasa. Tapi pasca selesai bencana ini, tadi saya bicara dengan teman-teman di Kodim, supaya dianalisa, longsor ini ke depannya bagaimana. Karena Indonesia ini rawan longsor, terutama di Jawa Barat, terbanyak,” imbuhnya.
Saat meninjau lokasi pengungsian tersebut, pria yang akrab disapa Dede itu, menyampaikan pesan-pesan moral pada pengungsi, agar dapat mengikuti arahan pemerintah.
“Saya sampaikan kepada pengungsi, ikuti arahan pemerintah, bagaimana (solusi) ke depan. Termasuk jika harus di relokasi, karena daripada, Naudzubillah, terjadi bencana berikutnya dan langsung ada korban nyawa yang lebih banyak. Sekarang saja kan ada empat orang korban nyawa, mudah-mudahan tidak tambah. Jadi lebih baik pindah. Tapi kalau opsi pindah, pemerintah harus menyediakan. Jangan hanya main pindah-pindah saja. Jadi saya sampaikan ke para pengungsi ikuti arahan pemerintah, dengan syarat pemerintah menyediakan tempat pengganti, karena mereka harus hijrah,” sebutnya.
Pada kesempatan itu pun Nurhasan Zaidi menyerahkan bantuan uang tunai, untuk meringankan beban para pengungsi dan diterima Komandan Kodim 0610/Sumedang, Letkol Inf FX Sri Weliyanto, yang selanjutnya diserahkan pada panitia. (pit)

1 COMMENT