KPU Sumedang akan melakukan verifikasi faktual 100 persen door to door

30 November 2017 02:55 WIB
 
0
Jumpa pers KPU Sumedang.
Jumpa pers KPU Sumedang.

SUMEDANG – Pendaftaran syarat dan jumlah dukungan untuk calon perseorangan telah usai. Kini KPU Kabupaten Sumedang tengah siap siap untuk melaksanakan tahapan selanjutnya, yakni verifikasi administrasi bagi pasangan calon yang sudah memenuhi syarat dan jumlah dukungan dan sebaran akan dilangsukan hingga 8 Desember 2017.

Penyerahan dukungan model B1 kepada PPS, melalui PPK pada 9-11 Desember. “Ini kami serahkan nanti setelah verifikasi administrasi. Kami serahkan mulai tanggal 9-11 Desember kepada PPS melalui PPK, untuk nantinya verifikasi faktual ke lapangan dari rumah ke rumah yang akan di verifikasi secara seratus persen. Jadi tidak sistem acak, tetapi kami verifikasi 100 persen door to door,” terang ketua KPU Sumedang Hersa Santosa.

Verifikasi faktual oleh PPS tersebut dilaksanakan selama 14 hari, mulai 12-25 Desember. “Kalau nanti yang diverifikasinya banyak, maka kami pun nanti akan meminta bantuan pada RT RW setempat. Selanjutnya kami akan rekapitulasi hasilnya oleh PPK selama tiga hari. Sebenarnya dari rekapitulasi PPK, sudah bisa diketahui siapa lolos dan tidak lolos untuk calon perseorangan,” tambahnya.

Jika kemudian diketahui kurang minimal jumlahnya, maka bagi yang sudah diverifikasi faktual akan ada perbaikan di bulan januari berbarengan dengan pendaftaran partai politik yang akan mendaftarkan pasangan calonnya ke kpu. “Perbaikan pada 18-20 Januari 2018, maka kalau nanti itu jika sudah memasukan syarat dukungan tinggal memasukan syarat calonnya saja. Dan pada akhirnya nanti kami akan menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati sumedang pada 12 februari 2018,” tandasnya. ***