KPU Gelar Rapat Evaluasi Pengelolaan Logistik

4 September 2014 15:25 WIB
 
1
857

Rapat Evaluasi Pengelolaan Logistik Pemilu Tahun 2014 . Foto:Humas Pemda
Rapat Evaluasi Pengelolaan Logistik Pemilu Tahun 2014 . Foto:Humas Pemda
KPUD Kabupaten Sumedang menyelenggarakan Rapat Evaluasi Pengelolaan Logistik Pemilu Tahun 2014 yang dilaksanakan selama dua hari mulai hari Rabu (3/9) di Hotel dan Resort Sari Ater Subang. Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Sumedang H. Ade Irawan yang memukul gendang tanda dimulainya rapat.
Pembukaan turut dihadiri Ketua KPUD Jabar H Yayat Hidayat, SSos, MSi, Sekretaris KPU Provinsi Heri Suherman, SH, Ketua KPUD Sumedang Asep Kurnia, SH, MH beserta jajaran Komisioner lainnya, serta para PPK se-Kabupaten Sumedang sebagai peserta rapat.
Kedatangan Bupati pada kegiatan rapat yang digelar oleh KPUD Sumedang tersebut mendapat apresiasi dari Ketua KPU Provinsi Jawa Barat. Iayang mengatakan bahwa mungkin di Indonesia hanya satu-satunya Bupati yang berkenan hadir pada kegiatan Rapat Logistik yang diselenggarakan oleh KPUD.
Ketua Panitia yang juga Sekretaris KPUD Kabupaten Sumedang, Dedi Suparman, SH mengatakan, selain dalam rangka evaluasi, kegiatan tersebut juga merupakan ungkapan syukur ke-hadirat Allah SWT atas kesuksesan penyelenggaraan Pileg dan Pilpres di Kabupaten Sumedang.
“Kegiatan ini sengaja kami selenggarakan karena pengelolaan logistik merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk suksesnya penyelenggaraan Pemilu. Kekurangan atau telat saja mengenai logistik ini bisa sangat berpengaruh atas keberlangsungan proses Pemilu. Sebagai contoh, tertukar satu surat suara saja untuk satu TPS bisa mengakibatkan resiko yang sangat tinggi,” tutur Dedi.
Oleh karena itu, lanjutnya, diharapkan rapat dimanfaatkan untuk menampung aspirasi dan saran-saran dari PPK sebagai pelaksana di tingkat Kecamatan. “Kami juga telah menyiapkan kuesioner bagai peserta untuk menampung semua aspirasi yang selanjutnya dikaji oleh tim. Hasil kajiannya mudah-mudahan akan bermanfaat sebagai bahan acuan Pemilu yang akan datang,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua KPUD Sumedang, Asep Kurnia, SH, MH mengatakan, kesuksesan KPU Sumedang pada penyelenggaraan Pemilu tahun 2014 diantaranya ditopang oleh anggota PPK. “Penyelenggaraan Pemilu Legislatif di Kabupaten Sumedang memang tergolong sukses tanpa ekses karena setelah adanya penetapan hasil dari PPK tidak ada satupun Partai Politik yang berkeberatan atas hasil tersebut. Bisa disimpulkan seluruh Parpol terpuaskan atas kerja dari KPUD Kabupaten Sumedang beserta jajarannya termasuk PPK dan KPPS,” ujarnya.
Asep juga menambahkan, keterbatasan biaya dalam penyelenggaraan Pemilu tidak dijadikan keluhan KPU Sumedang, “Alhamdulilah, selama ini kami tidak pernah mengeluhkan biaya. Hal tersebut direspon positif oleh Pemerintah Daerah dengan memberikan bantuan dana walaupun dalam perjalanannya ada beberapa bagian yang harus kita sesuaikan,” imbuhnya.
Sementara itu, Bupati Sumedang menyampaikan terima kasih atas kerja ikhlas, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja penuh integritas yang dilakukan oleh KPUD Kabupaten Sumedang beserta PPK. “Saya beserta istri yang juga sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Sumedang hadir di sini adalah sebagai tanda terima kasih atas perjuangan yang telah dilakukan oleh Bapak dan Ibu sekalian,” tandas Bupati.
Bupati juga menegaskan bahwa Pilpres 2014 sudah selesai dan hasilnya pun sudah tidak ada yang perlu diperdebatkan lagi. “Siapapun pemimpinnya harus kita dukung. Jangan sampai kita ribut. Jangan sampai seperti itu,” pungkasnya.(*/rls/hum)

1 COMMENT