KPU Banyak Kebijakan, Bingungkan PPS

18 October 2012 20:04 WIB
 
1
PANWAS – Anggota Panwascam Wado, Dethya Dewi Febriani, tengah berbincang dengan Ketua PPS Wado, usai melakukan pengawasan, Kamis (18/10).
Foto:Igun Gunawan/Sumeks

WADO – Dua hari menjelang akhir proses verifikasi administrasi dan faktual, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Wado, menemukan berbagai macam temuan yang tak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh KPU.

“Terutama saat verifikasi administrasi dan factual, banyak yang tak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dari awal. Seperti, nama pendukung yang double, nama pendukung yang tak sesuai dengan daftar nama pendukung, tanda tangan yang tak sama antara data pendukung kolektif dengan pendukung yang dilampirkan,” kata Ketua Panwascam Wado, Gumbira Dharma Mihardja, kepada Sumeks di kantornya, Kamis (18/10).

Yang paling signifikan banyak ditemukan Panwascam Wado, menurut Gumbira, adanya data pendukung yang melampirkan undangan pembuatan e-KTP, pemotretan e-KTP. “Di manasuratundangan itu sebetulnya, saya rasa kurang pas untuk dijadikan sebagai data identitas seseorang, walau pun di situ ada NIK dan nama juga. Tapi, sebagai data saya piker itu kurang kuat kalau dibikin data,” lanjutnya.

Selain itu pihaknya pun mendapatkan banyak keluhan dari PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang menyebutkan jika banyak kebijakan-kebijakan yang simpang siur. “Adakeluhan juga dari PPS, katanya hal itu ngarieutkeun. Karena itu membingungkan untuk petugas-petugas PPS. Salahsatu contohnya pada Kartu Keluarga, itu sudah ditetapkan bahwa satu nama pendukung itu harus sesuai dengan data pendukung yang dilampirkan, tapi ternyata di lapangan. Contohnya, ada tiga atau dua yang sudah mempunyai hak pilih dalam satu keluarga, yang mendukung hanya dilampirkan satu KK. Kalau menurut aturan yang diakui hanya satu saja yang lainnya dicoret, tapi karena ada kebijakan-kebijakan, itu dapat lolos ke verifikasi. Hal-hal seperti ini yang sebenarnya harus kita sikapi,” imbuhnya.

PROMO CONTENT
loading...

1 COMMENT