Kecamatan Paseh akan catatkan kembali Tari Umbul

22 August 2016 01:18 WIB
 
1

SUMEDANGONLINE, PASEH: Kesenian tradisional tari umbul kembali akan memecahkan rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) kali kedua, setelah pada 20 Mei 2012 [baca juga : 20 MEI, KEBANGKITAN UMBUL SITURAJA] , Kecamatan Situraja berhasil menorehkan tari umbul dengan jumlah peserta 2.012 orang penari. Kini Kecamatan Paseh, dimana tari sejenis juga berkembang di lokasi itu akan melaksanakan giat serupa pada 31 Agustus 2016.
Kegiatan pemecahan rekor tari umbul di Kecamatan Paseh tersebut menurut Camat Paseh Nandang Suparman, S.Sos., merupakan bagian dari rangkai memperingati Hari Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia. Rencananya kegiatan yang akan melibatkan 3 ribu penari itu, akan dipusatkan di Lapang Sepakbola Madukara, Desa Paseh Kidul, Kecamatan Paseh.
Nandang berharap tari yang lahir dan besar di Kecamatan Paseh itu, akan terus dapat dilestarikan dan tercatat dalam sejarah Kecamatan Paseh. Sehingga setiap regenerasi nantinya akan mengingatnya. “Diharapkan ini bisa menjadi motivasi bagi generasi muda, bahwa Kecamatan Paseh mempunyai tari umbul,” terangnya.
Ia berharap selain sebagai ajang pelesratian tari umbul, juga sebagai ajang untuk mempersatukan warga Paseh. Selain itu, juga menjadi tempat mempererat persaudaraan dan tali silaturahmi bagi warga. ***

1 COMMENT