Kapolsek Darmaraja, Ingatkan Kades Tak Mangkir Minggon

21 December 2012 21:38 WIB
 
0
964

DARMARAJA – Adanya laporan sejumlah kepala desa (kades) kerap mangkir dalam mengikuti rapat mingguan yang diselenggarakan Muspika Darmaraja, dan mereka lebih condong untuk mewakilkan hal itu ke sekretariat desanya. Kapolsek Darmaraja, Ajun Komisaris, H Suparman, mengharapkan setelah dirinya menjabat di Darmaraja, tak ada lagi kepala desa yang berleha-leha.

Kapolsek Darmaraja AKP H Suparman
Kapolsek Darmaraja AKP H Suparman

“Saya berharap tak ada lagi Kepala Desa yang dalam tugasnya berleha-leha salahsatunya dalam mengikuti rapat mingguan,” ujar H Suparman, disela-sela Serah Terima Jabatan (Sertijab) antara dirinya dengan Kompol Sujoto SH, di Aula Kecamatan Darmaraja, Kamis (20/12).

Kritikan pedas yang disampaikan Kapolsek tersebut diungkapkan untuk kembali mengingatkan tugas dan fungsi kepala desa, agar lebih giat lagi dalam mengikuti rapat mingguan sebagai salahsatu bahan evaluasi perkembangan desa selama seminggu berjalan.

Sebagai seorang pemimpin menurut H Suparman harus siap dan berani mendapat kritikan dari siapa pun, apalagi jika kritikan itu sifatnya membangun. “Saya mencoba jadi seorang Negarawan, kalau dikritik tak marah. Saya juga bertekad akan membenahi kepolsian sector Darmaraja ke arah yang lebih baik,” tandasnya.

Kaitannya dengan kultur masyarakat Darmaraja, menurut pandangan Kapolsek Darmaraja, tak akan terlalu jauh jika dibandingkan dengan tempat tugas sebelumnya di Kecamatan Cibugel. “Yang penting masyarakat dapat berinovatif, bekerja dengan penuh rasa aman. Apa yang selama ini di Cibugel kondusif, Insyaallah kita terapkan juga di Kecamatan Darmaraja,” terangnya.

Ditempat yang sama mantan Kapolsek Darmaraja yang beralih tugas menjadi Kapolsek Tanjungsari, Kompol Sujoto SH, mengaku sangat terkesan dengan sikap ramah tamah warga di Kecamatan Darmaraja. Selama Sujoto SH menjabat  menjadi Kapolsek Darmaraja 1,3 tahun lamanya, kondisi Darmaraja secara keseluruhan adem. “Di Darmaraja secara keseluruhan saya kira situasinya adem, hingga banyak waktu saya untuk bersilaturahmi dan melayani masyarakat. Saya mohon do’a restu dari masyarakat Darmaraja agar ditempat baru saya, dapat diberi kelancaran dan saya pun mohon maaf baik secara pribadi maupun kedinasan, saya berdo’a semoga Darmaraja tetap solid dan aman,” ungkap Sujoto SH, yang mengaku sama-sama pernah bertugas bareng dengan AKP H Suparman di Kabupaten Garut selama 2 tahun.

Sementara itu Camat Darmaraja, Tatang Setiadi S.Sos, menanggapi sentilan dari Kapolsek Darmaraja, ia memohon untuk dikoreksi jika ada aparatnya yang tak sesuai dengan koridor yang ada. Ia pun menerima kritikan tersebut sebagai bahan evaluasi. Hal senada pun dikatakan Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kecamatan Darmaraja, Dodi Carta, menerima kritikan itu sebagai bahan evaluasi, agar para kepala desanya lebih giat lagi dalam mengikuti rapat mingguan.(ign)