Kabaret Asal-Usul Penamaan Jalan Mayor Abdurahman & Sebelas April

5 June 2017 01:53 WIB
 
0
Patung Kuda Renggong Samoja
sumedangtandang.com
Patung Kuda Renggong Samoja

TAK banyak orang yang tahu apalagi yang bukan asli dari Sumedang, tentang asal-usul Jalan Raya yang kini dinamakan “Jalan Mayor Abdul Rahman Sumedang”. Jalan tersebut melintang dari Jembatan Cipeles (Pasific) hingga Cimayor.

Sementara dari Jembatan Cipeles sampai Patung Kuda, di daerah Samoja, Kecamatan Sumedang Selatan  dinamakan “Jalan Pangeran Kornel”. Penamaan jalan ini, untuk mengingatkan kisah pembuatan jalan Cadas Pangeran pada masa Daendales yang melintang dari Anyer hingga Panarukan, sejarah mencatat dengan gigihnya, Pangeran Koesoemah Dinata IX / Raden Jamoe (Pangeran Kornel), Bupati Sumedang yang lahir Tahun 1791 dan wafat Tahun 1928 dan dimakamkan di Gunung Ciung Makam Pasarean Gede Sumedang, melindungi rakyatnya dari kekejaman kerja Rodi pada masa pemerintahan VOC.

Sepenggal Kabaret yang diperankan Kodim 0610 Kabupaten Sumedang dalam asal-usul Penamaan Jalan Mayor Abdu rahman Sumedang yang melintang dari Cimayor hingga Jembatan Cipeles Sumedang, sebagai pengingat gugurnya pahlawan Nasional Kabupaten Sumedang dalam mempertahankan kembali Negara Kesatuan Republik (NKRI) di Sumedang, beliaa dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cimayor kabupaten Sumedang.

Jangan lupakan jasa para pahlawan sejarah Negeri ini, yang gugur di medan perjuangan laga, baik di batu nisan tertulis dan tidak tertulis yang begitu tulusnya mereka-mereka dalam memperjuangkan hak-hak rakyat dan wilayahnya dan kemerdekaan dan Kesatuan Negara RI tercinta ini. ~ Al Fatihah

SELANJUTNYA: Sejarah Heroik Pangeran Kusumah Dinata IX (Pangerang Kornel)