Jokowi Direncanakan Launching Bandara Internasional Jawa Barat

13 January 2016 15:44 WIB
 
4
loading...

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan untuk meresmikan pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada Kamis (14/1/16) mendatang.
Ini diungkapkan Aher usai meninjau langsung proyek pembangunan BIJB di Kertajati, Kabupaten Majalengka pada Selasa (12/1/16).
“BIJB pasti ini kelasnya kelas nasional jadi layaknya (peresmian) oleh Presiden,” ujarnya.
Hingga saat ini, menurut Aher, proses pengerjaan runway pun telah rampung hingga 2,5 km dan akan selesai pada tahun ini. Pemerintah pusat pun akan mengucurkan dana hingga Rp 200 Miliar untuk penyelesaian runway yang tinggal 500 meter.
Untuk fasilitas lainnya, seperti pengerjaan infrastruktur atau aksesibilitas menuju bandara sudah rampung hingga 4,8 persen dan saat ini sedang dilakukan persiapan untuk pemasangan tiang pancang gedung utama. Sementara untuk air side atau sisi udara, proses pengerjaannya sudah mencapai 80 persen.
Tidak hanya fasilitas untuk bandara, bandara yang ditargetkan akan mulai beroperasi pada 2017 ini akan menjadi bandara terbaik di Indonesia, karena BIJB Kertajati merupakan satu-satunya bandara di Indonesia yang sekelilingnya dirancang dengan kelengkapan aerocity.
Menurut Aher, dengan runway atau landasan pacu sepanjang 3 km, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati bisa dilandasi dengan pesawat super jumbo seperti jenis A380.
“Kita memiliki runway 3 km. Insya Allah dengan 3 km pesawat paling jumbo seperti A380 itu bisa mendarat disini,” ungkap Aher.(*/rls)

4 COMMENTS