Jika hujan, 259 jiwa menginap di RM Ponyo

23 September 2016 21:11 WIB
 
0
loading...

SUMEDANGONLINE: Sebanyak 259 warga di RT 01, dan 06, Dusun Ciherang, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang saat ini mengungsi di RM Ponyo.
Menurut tokoh agama setempat, Solahudin Kamil, memang tidak semua terkonsentrasi di tempat penampungan. Rata-rata mereka mengungsi jika hujan turun, mereka menginap, namun jika siang hari mereka beraktifitas seperti biasa.
“Jadi kalau yang tinggal di posko ini, hanya pada saat malam saja. Itu pun tergantung situasi, kalau tidak hujan mereka masih menginap di rumahnya. Kalau hujan mereka, datang ke sini. Jadi mereka itu sangat hawatir,” kata Solahudin Kamil, malam ini.
Sehingga sebut dia, saat ada peninjauan dari pihak terkait pada siang hari tidak terdapat warga yang mengungsi. “Tapi kalau melakukan pengecekannya, malam hari. Ya, seperti ini (banyak warga yang menginap),” ujarnya.
Ditanya, kenapa tidak turut serta ke GOR Tadjimalela, ia menyebutkan bukan tidak ingin pergi ke Tadjimalela. Namun, karena masyarakat hawatir dengan keamanan harta bendanya.
“Lokasi di sini memang sangat rawan, tapi masyarakat sudah biasa. Tapi hujan kemarin itu sangat luar biasa, memang sangat ekstrim karena terus-terusan hujannya,” kata kiai yang rumahnya persis depan rumah Anggota DPRD Sumedang, Uu, yang rumahnya hancur tersapu longsor.
Senada dikatakan wakil RT 01, Suryaman, ia menyebutkan memang masyarakat sengaja pindah ke RM Ponyo karena mereka hawatir.
“Masih hawatir, bahkan ada juga rumah anu ngajeblag seperti rumah ibu Yuyun dan Mamat itu sudah tidak bisa dihuni. Meski memang sebenarnya, kalau retakan masyarakat mengaku sudah biasa,” sebutnya.***