Jelang UN 2018, MA Plus Al-Hikam Gelar Simulasi UNBK dan UAMBN Komputer

6 March 2018 16:18 WIB
 
0

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

SUMEDANGONLINE.COM, SUMEDANG: Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), siswa kelas XII Madrasah Aliyah (MA) Plus Al-Hikam Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang Jawa Barat pada Senin (5/3/2018), mengikuti simulasi atau uji coba pelaksanaan UNBK dan UAMBN Komputer. Simulasi ini merupakan simulasi kedua setelah sebelumnya pada bulan Februari pernah dilaksanakan.
Sebanyak 53 siswa dari jurusan IPA dan IPS turut serta pada kegiatan ini. Untuk kelancaran UNBK, pihak madrasah menyediakan 30 unit komputer yang disimpan di ruang laboratorium komputer. Mengingat jumlah siswa lebih banyak dari jumlah unit komputer yang ada, serta supaya pelaksanaan UNBK dan UAMBN Komputer berjalan efektif, perserta UN akan dibagi menjadi dua sesi.
Kepala MA Plus Al-Hikam, Sumpena Saripudin, mengungkapkan bahwa simulasi ini bertujuan  untuk pemantapan siswa dalam menghadapi ujian nasional mendatang. Dalam pelaksanaannya nanti, baik itu UNBK atau UAMBN siswa tidak ada halangan apapun dan dapat berjalan lancar. Selain itu, simulasi ini juga sebagai bahan evaluasi sejauh mana panitia dalam persiapannya.
Rencananya Ujian Nasional untuk tingkat MA akan dilaksanakan pada 9-13 April dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) komputer akan digelar pada 26-31 Maret 2018. Semua proses ujian ini akan dilaksanakan di Laboratorium Komputer MA Plus Al-Hikam. Mata pelajaran UNBK yaitu Bahasa Indonesia, matematika, Bahasa Inggris, biologi, dan geografi. Sedangkan untuk UAMBN yaitu mata pelajaran fiqih, qur’an hadist, aqidah akhlak, sejarah kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab.
Selain itu Sumpena juga berharap, Pemerintah Kabupaten Sumedang dan PT. PLN agar dapat menjamin tidak terjadi pemadaman listrik saat pelaksanaan UN dan UAMBN.
”Kami berharap, saat UNBK dan UAMBN Komputer di laksanakan, listrik dan jaringan internet berjalan stabil. Karena ini menjadi sarana vital agar UNBK dan UAMBN komputer berjalan dengan lancar,” pungkasnya. *** Ayi Abdul Kohar