Jelang Perwimanas, Sangga Sako Ma’arif NU Sumedang Ziarahi Raja dan Ratu Sumedan

11 September 2017 20:21 WIB
 
Jelang Perwimanas, Sangga Sako Ma'arif NU Sumedang Ziarahi Raja dan Ratu Sumedan
SUMEDANG, SUMEDANGONLINE.COM: Satuan Komunikasi Pramuka Ma’arif (Sakoma) Nahdlatul Ulama Kabupaten Sumedang sudah dipastikan akan mengikuti Perkemahan wirakarya Ma’arif NU Nasional (Perwimanas) II. Perwimanas II yang diprakarsai oleh Pengurus Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif PBNU ini akan dilaksanakan pada tanggal 17-23 September 2017 dan bertempat di Magelang Jawa Tengah. 
Salah seorang pengurus Sako Ma’arif NU Sumedang Nining Widianingsih mengatakan bahwa sudah berminggu-minggu peserta dari Sumedang melakukan latihan untuk mengikuti perwimanas ini. Hari ini, Ahad (10/9) merupakan latihan gabungan terakhir. Para peserta mengikuti persami dengan materi tehnik mendirikn tenda, memasak mandiri seadanya, pemantapan senam Islam nusantara, menyanyikan lagu subhanul wathon, pengenalan lagu Indonesia raya yang tiga stanza, arahan dari ketua PCNU Sumedang, pembagian seragam dan kelengkapn kontingen. 
Diakhir acara persami semua peserta dan bindamping yang akan berangkat ke Magelang ziaroh dulu makam Raja Sumedang Pangeran Santri dan Ratu Pucuk Umun, kata Nining. Ziarah ini sekalian meminta izin kepada keluarga raja karena nama Pengeran Santri dam Ratu Pucuk Umun akan dipakai nama sangga kontingen dari Sumedang. 
Sementara Ketua LP Ma’arif NU Kabupaten Sumedang Cucu Suhayat mengatakan bahwa Insya Allah dalam perwimanas ini dari sakoma Sumedang akan mengirimkan dua sangga yang terdiri dari sangga putra berjumlah 12 orang dan sangga putri 10 orang. Mereka semua diambil dari sembilan pangkalan gugus depan pramuka penegak yang berada di bawah naungan LP Ma’arif NU Sumedang. 
Selama perwimanas berlangsung, para peserta dari Sumedang akan didampingi oleh enam orang bindamping dan satu orang pimpinan kontingen. 
Sangga dari Sumedang sengaja mengambil nama sangga Pengeran Santri dan sangga Ratu Pucuk Umun. Hal ini sebagai bentuk penghargaan terhadap raja dan ratu Sumedang dan supaya para peserta bisa mengikuti jejak beliau dalam membangun Sumedang. Lanjut Cucu. 
Kami berharap semua kontingen Sumedang yang akan berangkat ke Magelang dapat menjaga nama baik individu, lembaga, dan Sumedang. Mudah-mudahan dapat berprestasi dalam berbagai kegiatan dan perlombaan di perwimanas nanti. Dan semoga adik adik peserta dapat memberi inspirasi buat penggiat pramuka di masing masing gudepnya, tutup Cucu. (Ayi Abdul Kohar). 
BACA JUGA  Sedang berlangsung di Kemenpora, wawancara online pemilihan pemuda kreatif

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.